Hari Jadi Ke-539, Kabupaten Cirebon Libatkan 100 Negara Pegiat Radio Amatir

Hari Jadi Ke-539, Kabupaten Cirebon Libatkan 100 Negara Pegiat Radio Amatir
Bupati Cirebon Imron. (maman suharman)



INILAH, Cirebon - Pegiat radio amatir di 100 negara terlibat dalam perayaan hari jadi Kabupaten Cirebon Ke-539. Keterlibatan pegiat radio amatir internasional tersebut, tergabung dalam kegiatan Spesial Call 8A539KC.

Acaranya sendiri, dilaksanakan selama tiga hari, mulai  tanggal 2 April sampai tanggal 4 April 2021. Kegiatan yang diinisiasi oleh Organisasi Radio Amatir (Orari) Kabupaten Cirebon itu, para anggota Orari di Indonesia dan Internasional, mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Cirebon ke 539.

Ucapan selamat hari jadi tersebut, deras mengalir, usai Bupati Cirebon, Imron, mulai membuka sampai mengakhiri kegiatan tersebut. Kegiatannya sendiri dilakukan di command center Kabupaten Cirebon. Dengan menggunakan callsign (nama panggilan) YG1ASR, Imron langsung mendapatkan berbagai ucapan selamat dari sejumlah daerah di Indonesia dan  internasional.


Menurut Imron, special call ini sangat membantu untuk mengenalkan Kabupaten Cirebon. Di samping itu, banyak pihak akhirnya  mengetahui hari jadi Kabupaten Cirebon. Dia berharap, special call bisa meningkatkan kualitas dan kemampuan para pegiat radio amatir, baik dalam penyampaian informasi ataupun teknik komunikasi.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan ini," kata Imron, Minggu (4/4/2021).

Sementara itu, Ketua Orari Kabupaten Cirebon Imam Supriadi menjelaskan, special call hari jadi yang melibatkan 100 negara, merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Menurutnya, special call 8A539KC ini, dialokasikan khusus oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk melayani panggilan dan partisipasi, dalam rangka mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Cirebon Ke-539.

"Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya di Jawa Barat dan Indonesia. Pak Imron kan pegiat radio amatir. Beliau juga telah mengikuti ujian nasional amatir radio yang langsung bisa berkomunikasi melalui mode SSB dan digital mode," ungkapnya.

Imam melihat, banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari kegiatan ini. Selain membuat banyak pegiat radio amatir yang mengetahui Hari Jadi Kabupaten Cirebon, sekaligus bisa mengenalkan budaya, pariwisata, kuliner, Kesenian, dan juga kegiatan yang ada di Kabupaten Cirebon.

"Kegiatan special call ini, memiliki banyak sisi positif yang dihasilkan," jelasnya.

Imam menambahkan, setiap pegiat radio amatir yang sudah mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Cirebon dalam kegiatan yang menjadi bagian agenda kegiatan hari jadi tersebut, akan mendapatkan sertifikat yang ditandatangani oleh bupati.

Bahkan, untuk yang pertama mengucapkan selamat, akan mendapatkan sertifikat khusus, yang ditandatangani secara langsung oleh bupati dan dikirimkan secara langsung ke alamat anggota tersebut.

"Sedangkan anggota radio amatir lainnya, bisa mendapatkan sertifikat dengan mengunduh melalui special call 8A539KC," tukasnya. (maman suharman)