Selama Dua Bulan, Garut Kerahkan 4.968 Kader Lakukan Pendataan Keluarga 

Selama Dua Bulan, Garut Kerahkan 4.968 Kader Lakukan Pendataan Keluarga 
Foto: Zainulmukhtar



INILAH, Garut - Kabupaten Garut mengerahkan sebanyak 4.968 kader data melakukan pendataan keluarga di seluruh wilayah Kabupaten Garut mulai 1 April hingga 31 Mei 2021.

Pada kegiatan pendataan keluarga yang biasa dilaksanakan lima tahun sekali itu, Garut melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) itu juga menurunkan sebanyak 42 manajer tingkat kecamatan, dan 442 supervisor tingkat desa/kelurahan.

Sekda Kabupaten Garut Nurdin Yana menilai data keluarga sangat krusial bagi pengambilan kebijakan. Karenanya, dia meminta pada kader pencatat data keluarga bekerja serius supaya seluruh masyarakat di Garut dapat tercatat datanya sehingga diperoleh gambaran ril di lapangan.


Untuk itu, Nurdin menghimbau seluruh warga Garut mau mendaftarkan dan didaftarkan tim pencatat yang di tugaskan mulai 1 April 2021 sampai dengan 31 Mei 2021. 

"Saya mengimbau dengan sangat agar warga Kabupaten Garut mau mendaftarkan diri atau didaftarkan oleh tim pencatat mulai hari ini (1/4/21) sampai 31 Mei 2021," harapnya, usai menerima petugas/kader data didampingi Kepala DPPKBPPPA Kabupaten Garut Yayan Waryana di rumah dinas Sekda Garut Jalan Patriot, Kamis (1/4/2021).

Berkaitan pendataan keluarga itu, Yayan mengingatkan warga Garut agar memberikan data lengkap, akurat, dan terbaru untuk dicatat kader data yang bertugas langsung ke rumah-rumah warga.

Dia berharap hasil pendataan bisa dijadikan bahan evaluasi dan perencanaan ke depan. 

"Bermula dari data. Sehingga perencanaan bisa dilakukan dan proses pembangunan ini bisa terwujud dengan sebaik-baiknya karena berawal dari data yang valid, data yang akurat, data yang update', ujarnya. (Zainulmukhtar)