Kenapa Yuki Tsunoda Emosional Lewati Fernando Alonso?

Kenapa Yuki Tsunoda Emosional Lewati Fernando Alonso?



INILAH, Bahrain - Pembalap Jepang, Yuki Tsunoda, mengakui dia sedikit emosional saat melewati juara dunia dua kali, Fernando Alonso, pada Grand Prix Formula 1 Bahrain, Minggu lalu. Balapan itu jadi debut pembalap Alpha Tauri itu di Formula 1.

Tsunoda melakukan manuver yang agresif pada tikungan pertama lap ke-27 di Bahrain, saat dia mencoba bangkit menyusul start yang buruk.

Dia akhirnya finis di urutan kesembilan. Posisi ini dia dapatkan setelah manuvernya di lap terakhir berhasil melewati pembalap Aston Martin, Lance Stroll.


Merefleksikan sejumlah overtake impresifnya di Bahrain, Tsunoda mencatat bahwa bagaimana dia melewati Alonso dan bagaimana dia menyaksikan pembalap veteran Spanyol itu di televisi saat dirinya masih anak-anak.

"Sedikit emodional ketika saya melewati Fernando. Terakhir kali saya melihatnya, 12 atau 13 tahun lalu, ketika saya masih berusia tujuh atau delapan tahun," katanya.

Makanya, ketika memasuki tikungan pertama itu, dia percaya dengan skill Alonso dan melancarkan tekanan. "Kalian tahu, sebagaimana pembalap pendatang baru, saya sedikit menyesal soal itu. Tapi saya melakukannya dari jarak yang cukup jauh. Jadi, ini sedikit emosional. Tentu saja, ini bukan mobil yang sama, tapi saya bahagia untuk itu," katanya.

Tsunoda juga mengungkapkan ayahnya adalah penggemar berat gaya membalap agresif Alonso. Bahkan dalam balapan di Bahrain, dia sempat mendapatkan tips dari ayahnya bagaimana membalap di belakang pembalap legendaris Spanyol itu.

"Ayah saya penggemar berat Fernando, terutama gaya membalapnya. Ayah saya menyukai gaya membalapnya. Pertama kali ayah saya menyaksikan Fernando adalah di Suzuka. Dia bilang akselerasinya dari tikungan terakhir adalah yang terbaik yang pernah dilakukan pembalap manapun. Jadi, tentu saja, saya mengikuti Fernando," tambahnya.