Oded: BKPP Tentukan Kualitas ASN

Oded: BKPP Tentukan Kualitas ASN
istimewa



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) dapat menghadirkan sisi kualitas, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya Pegawai Negeri Sipil (ASN). 

"Kualitas akan sangat ditentukan BKPP. Untuk itu, kualitas BKPP juga harus baik. Ketika BKPP kualitasnya baik, insyaallah saya yakin SDM ASN di Kota Bandung itu berkualitas," kata Oded pada Jumat (26/3/2021). 

Selain hal itu, dia meminta agar BKPP dapatenghadirkan SDM yang mengerti akan hak dan kewajibannya. BKPP pun harus bisa memberikan contoh bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. 


"Saya masih mendengar ada ASN yang hanya tahu haknya saja, tapi kewajiban pura-pura tidak mengerti. Padahal hak dan kewajiban harus sama-sama diperhatikan. Contohnya saat terjadi telat TKD," ucapnya. 

Selain itu, Oded mengungkapkan, tanda sebuah organisasi berkualitas adalah semua anggotanya mampu membangun kebersamaan, dan hal itu memang tidak sederhana untuk diwujudkan.

"Hati-hati urusan kebersamaan ini keliatannya sepele. Kebersamaan dan kesederhanaan itu penting untuk dihadirkan, khsususnya di BKPP karena sebagai ujung tombak terdepan dalam membangun ASN," ujar dia. 

Dia pun menganalogikan kebersamaan tersebut ibarat sebuah mobil. Apabila hal terkecil dalam sebuah kendaraan disepelekan, mobil tersebut tentu tidak dapat dipergunakan. 

"Kita tidak boleh menganggap sepele hal-hal yang kecil. Contohnya seperti pentil roda dalam kendaraan. Kalau disepelekan, mobil tidak akan berjalan. Apalagi menyepelekan potensi yang ada di BKPP," jelasnya. 

Sedangkan, Kepala BKPP Kota Bandung Adi Junjunan Mustafa berharap organisasi yang dipimpinnya saat ini mampu melahirkan ASN yang unggul di Kota Bandung dan memberikan pelayanan publik sebaik-baiknya.

"Kita dari segenap jajaran BKPP, akan sekuat tenaga mendukung pak wali untuk melahirkan ASN unggul. Dan tentunya dalam memberikan pelayanan kepada publik sebaik-baiknya sesuai dengan visi dan misi," kata Adi. (Yogo Triastopo)