Kota Bogor Rencanakan Bangun RSUD Tipe A di Bogor Selatan

Kota Bogor Rencanakan Bangun RSUD Tipe A di Bogor Selatan



INILAH, Bogor, Pemkot Bogor melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) berencana untuk membangun RSUD Tipe A di Kecamatan Bogor Selatan. Hal itu digulirkan usai rapat terkait Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) serta jajaran terkait dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada Kamis (25/3/2021) kemarin.

"Rencananya, RSUD tipe A tersebut akan dibangun di kawasan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan. Kita ketahui saat ini kebutuhan pelayanan rumah sakit semakin meningkat. Dalam bidang akuratif di sisi pelayanan kesehatan, harus ada pemerataan dengan mendekatkan masyarakat pada pelayanan kesehatan," ungkap Direktur Utama RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir kepada wartawan pada Jum'at (26/3/2021) siang.

Menurut Ilham rencana pembangunan tersebut tak lain untuk lebih mendekatkan akses pelayanan pada masyarakat yang tinggal di Kecamatan Bogor Selatan dan sekitarnya.
"Jadi perlu adanya rumah sakit baru, walaupun ini dalam sebatas wacana, tetapi harus kami sikapi dengan serius. Yaitu rumah sakit tipe A," tambahnya.


Menurutnya, di kawasan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan terdapat lahan kosong seluas 9 hektare yang bisa digunakan untuk membangun RSUD tipe A nantinya. Sedangkan, RSUD Kota Bogor yang sudah berdiri di Jalan DR Sumeru, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat hanya memiliki lahan seluas 3 hektare.

"Ini bisa nggak tanggung-tanggung kami membangun yang lebih bagus lagi. Dalam membangun RSUD tipe A, ada cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Antara lain, kapasitas tempat tidur di atas 250 tempat tidur. Hal itu mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan," tuturnya.

Ilham menjelaskan, untuk desain bangunannya, saat ini baru masuk dalam perencanaan dan kebijakan saja. Setelah itu, masih banyak tahapan yang harus dilalui seperti proses feasibility study (FS), Detail Engineering Design (DED), dan rencana tata ruang wilayah (RTRW).

"Mungkin kami tinggal masukkan dalam sisi kebijakan. Masuk dalam RPJMD dan rencana-rencana berikutnya. Saat ini, RSUD Kota Bogor sendiri sebenarmua sudah bisa menjadi rumah sakit tipe A dengan total kapasitas tempat tidur sebanyak 395 tempat tidur. Hanya saja, masih ada beberapa visi yang disampaikan oleh RSUD Kota Bogor sebelum benar-benar menjadi rumah sakit tipe A. RSUD (RSUD Kota Bogor), sudah masuk kriteria. Kemudian rumah sakit tipe A itu ada rumah sakit tipe A untuk umum, ada rumah sakit tipe A pendidikan. Kelihtannya kami ke rumah sakit tipe A untuk umum," paparnya.

Ilham juga menerangkan, saat ini jenis-jenis pelayanan spesialis di RSUD Kota Bogor sendiri sudah lengkap. Apalagi, di era Covid-19, RSUD Kota Bogor masih bisa melayani pasien non Covid-19 sebanyak 200 pasien. Selain itu, RSUD Kota Bogor, saat ini sudah memiliki vetomaternal, pelayanan bedah torax, dan bedah subspesialis. Rencananya, pihak RSUD akan mengembangkan sisi keahlian, terutama dalam subspesialis ginjal.

"Sekarang kami sedang berjuang untuk menjadi rujukan cancer. Dan memang bener secara kenyataannya banyak pasien-pasien dari Kabupaten Bogor, Cianjur, Sukabumi, Depok dan Tangerang berobat untuk cancer ke kami," pungkasnya.(rizki mauludi)