Jerman vs Islandia, Menuju Misi Pamungkas

Jerman vs Islandia, Menuju Misi Pamungkas
Istimewa



JOACHIM Loew di penghujung petualangannya bersama timnas Jerman. Misi terakhirnya ada dua, juara Piala Eropa 2021 serta meloloskan Jerman ke Piala Dunia 2022.

Jerman akan meladeni Islandia dalam laga perdana kualifikasi Piala Dunia, Jumat (26/3) dini hari WIB. Sang kapten Manuel Neuer menyebut timnya benar-benar dalam semangat tinggi lantaran tahu sang pelatih akan segera pergi.

Loew telah mengumumkan akan mengundurkan diri sebagai pelatih Jerman usai gelaran Piala Eropa 2021. Setahun lebih cepat dari kontraknya yang sesungguhnya berlangsung setelah Piala Dunia tahun depan.


Sejak menangani Jerman pada 2006, Loew sudah memimpin di 144 pertandingan. Pencapaian tertinggi dia tentu saja membawa Jerman memenangi Piala Dunia 2014 di Brasil.

Namun, setelah Piala Eropa 2016 Jerman semakin menurun, seiring bergantinya generasi pemainnya. Neuer dan kawan-kawan kandas di babak grup Piala Dunia 2018, kemudian jeblok di UEFA Nations League. Kekalahan 0-6 dari Spanyol pada November lalu menggoyang kursi pelatih Loew sebelum membuat pengumuman rencana pengunduran dirinya.

Jerman akan melakoni tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Islandia (25/3), Romania (28/3), dan Makedonia Utara (31/3). Tentu saja, lawa melawan Islandia jadi fokus terdekat Tim Panser.

"Kami semua harus mendesak diri sendiri, dan itu termasuk para pemain dan staf," ucap kiper nomor satu Jerman itu dikutip Reuters.

"Kami menantikan tiga pertandingan di depan dan Piala Eropa di tahun ini. Kami punya banyak untuk dinantikan dan kami ingin melakukan pekerjaan kami sesukses mungkin."

Neuer mengaku sangat memahami keputusan Loew mundur dari timnas Jerman. Dia juga memastikan seluruh elemen skuat Panser akan berusaha mati-matian memberi perpisahan manis.

"Kupikir dia punya hak untuk menyudahi dengan manis. Aku sudah berada di timnas sejak 2009. Aku akan berusia 35 tahun dan aku sudah melewati banyak momen naik dan turun dengan dia," lanjut Neuer, yang juga kiper Bayern Munich.

"Bisa terlihat betapa termotivasi dan ambisiusnya dia karena akhir dari karier dia sebagai pelatih merupakan hal penting untuk dia, dan itu adalah sebuah pertanda yang bagus untuk pertandingan-pertandingan kami selanjutnya dalam beberapa hari ke depan dan musim panas selanjutnya," tandas Neuer.

Sementara itu Pelatih Islandia, Arnar Vidarsson mengakui timnya butuh bantuan dewi fortuna untuk meraih hasil di markas Jerman. Dia tak menampik sang lawan unggul secara kualitas.

"Kami tak bisa menutupi itu (kualitas lawan). Tetapi kami akan pergi ke sana untuk bekerja keras. Mari lihat adakah keburuntungan bagi kami," lugasnya. (bsf)