Inggris vs San Marino, Pesta Gol Tim Tiga Singa?

Inggris vs San Marino, Pesta Gol Tim Tiga Singa?
Istimewa



INGGRIS diyakini mencatatkan start sempurna dalam laga perdana mereka di ajang Kualifikasi Piala Dunia. 'Tetap waspada," ujar Gareth Southgate.

Inggris menjamu San Marino di Wembley dalam laga perdana Grup I. Mereka unggul segala-galanya. Kualita tim, pengalaman, hingga rekor pertemuan.

"Kami tak bisa menjaminkan itu semua. Kami tetap meyakini hasil akhir tergantung kinerja di lapangan nanti. Kami harus datang ke pertandingan dengan sikap yang benar," lanjut Southgate.


Laga melawan San Marino memang wajib dimenangi Tim Tiga Singa. Pasalnya dalam laga berikutnya, mereka akan bertarung melawan Polandia yang dihuni striker terbaik dunia, Robet Lewandowski.

Tapi Southgate ingin berpikir secara bertahap. Dia menegaskan, seluruh energi di skuatnya akan difokuskan untuk meraih hasil sempurna melawan San Marino.

"Mereka bisa saja mengejutkan, tak ada yang tahu tentang hasil pertandingan. Kami harus memastikan semuanya berjalan sesuai rencana," tegas Southgate.

Seperti biasa, Southgate akan banyak memakai tenaga-tenaga muda di timnya. Trio lini depan akan diisi Dominic Calvert-Lewin, Phil Foden, dan wonderkid Arsenal, Bukayo Saka.

Di lini tengah, kombinasi senior-junior diyakini membuat Inggris tampil penuh determinai. Kieran Trippier dan Luke Shaw akan membimbing dua pemain muda, Declan Rice dan Bellingham.

Sebenarnya, Southgate punya satu nama yang diyakini akan menjadi senjata andalannya. Dialah Jesse Lingard, pemain buangan Manchester United yang tampil oke bersama West Ham.

Lingard sendiri mengaku tak sabar untuk memberikan kontribusi maksimal bagi Inggris. Apalagi kepindahannya ke West Ham merupakan saran dari Southgate.

Jesse Lingard mengatakan bos timnas Inggris Gareth Southgate yang menyarankan dirinya pergi ke West Ham United dengan status pinjaman dari Manchester United.

Lingard gagal mencatkan penampilan di Liga Primer Inggris untuk si Setan Merah pada musim 2020/21 sebelum hijrah sementara ke West Ham pada Januari lalu.

Pemain berusia 28 ini lalu gemilang untuk the Hammers dengan catatan lima gol dan dua assist di tujuh pertanidngan pertama sehingga mendapat panggilan dari timnas Inggris.

"Dia memperlihatkan dukungan dan kepercayaan kepada saya. Dia yang memberikan saya debut Inggris yang saya banggakan," kata Lingard di talkSPORT tentang Southgate.

Performa terakhir Lingard untuk Inggris tercatat pada Juni 2019 saat jadi starter di laga UEFA Nations League lawan Swiss.

"Saya sudah bekerja keras dan masih yakin punya kemampuan bersaing di level tertinggi. Jika Anda bekerja keras, Anda pasti menikmati hasilnya," pungkas Lingard.

Sementara itu Pelatih San Marino Franco Varrella memasang sikap realistis menatap duel melawan Inggris. Dia hanya ingin para pemainnya bekerja keras memberikan perlawanan terbaik.

"kami hanya ingin menunjukkan semua kemampuan yang kami punya. Dan tidak kebobolan selama mungkin. Melawan Inggris merupakan bahaya terbesar. Namun Anda tak pernah tahu kapan kesempatan untuk meraih hasil tiba," lugasnya. (bsf)

 

 

HEAD TO HEAD

05/09/15: San Marino 0-6 Inggris

09/10/14: Inggris 5-0 San Marino

22/03/13: San Maino 0-8 Inggris

12/10/12: Inggris 5-0 San Marino

 

LIMA LAGA TEAKHIR INGGIS

18/11/20: Inggris 4-0 Islandia

15/11/20: Belgia 2-0 Inggris

12/11/20: Inggris 3-0 Irlandia

14/11/20: Inggris 0-1 Denmark

11/10/20: Inggris 2-1 Belgia

 

LIMA LAGA TERAKHIR SAN MARINO

14/11/20: San Maino 0-0 Gibraltar

11/11/20: San Maino 0-3 Latvia

13/10/20: Liechtentein 0-0 San Marino

07/10/20: Slovenia 4-0 San Maino

08/09/20: San Maino 0-2 Liechtenstein

 

PRAKIRAAN PEMAIN

Inggris (3-4-3)

Pope (GK) Maguire, Coady, Walker (B) Shaw, Rice, Bellingham, Tippier (T) Foden, Calvet-Lewin, Saka/Lingard (D)

Pelatih: Gareth Southgate

San Marino (4-2-3-1)

Benedettini (GK) Battistini, Brolli, Rossi, Palazzi (B) Golinuccdi, Lunadei (cdm) Tomassini, Hirsch, Cecaroli (T) Nanni (D)

Pelatih: Franco Varella