Kota Depok Terapkan Tilang Elektronik, Ini Pesan Buat Warga!

Kota Depok Terapkan Tilang Elektronik, Ini Pesan Buat Warga!
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. (Antara Foto)



INILAH, Depok- Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, meminta masyarakat lebih tertib dalam berlalu lintas setelah diluncurkannya Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik (e-tilang).

"Saya harap masyarakat semakin disiplin dalam berkendara. Semoga dengan adanya ETLE ini diharapkan pengendara dapat tertib berlalu lintas dan menjaga keamanan Kota Depok," kata Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono usai menghadiri peluncuran ETLE di Polres Metro Depok, Rabu (25/3).

Dikatakannya, tertib berlalu lintas dapat dilakukan melalui berbagai hal. Di antaranya memakai sabuk pengaman saat berkendara, menaati rambu-rambu lalu lintas. Kemudian, juga tidak menggunakan telepon genggam ketika sedang berkendara karena dapat membahayakan pengendara lain.


"Dengan adanya program ini, kita bisa lebih akurat lagi dalam melayani masyarakat khususnya di bidang lalu lintas," katanya.

Sementara itu Kapolres Metro Kota Depok, Kombes Pol, Imran Edwin Siregar berharap, program ini dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas. Dengan begitu, angka kecelakaan bisa menurun dan keselamatan dalam berkendara meningkat.

"Karena selama ini kecelakaan lalu lintas masih menjadi salah satu faktor penyebab kematian nomor satu di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya meluncurkan 30 kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) Mobile.

"ETLE Mobile melengkapi ETLE statis yang selama ini sudah ada. Ada 30 ETLE Mobile yang akan kita operasionalkan, digunakan di titik-titik yang rawan pelanggaran lalu lintas namun tidak ada ETLE statis," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

Fadil juga menyinggung soal fenomena banyaknya pelanggaran lalu lintas, mulai dari melawan arus lalu lintas, sepeda motor yang berboncengan tiga dan lainnya sebagainya.

Peluncuran ETLE Mobile ini adalah program Polda Metro Jaya untuk mendukung program ETLE Nasional yang akan diluncurkan pada 23 April 2021.

Pada tahap 1 ini, Korlantas Polri meluncurkan 244 kamera ETLE di 12 Polda. Untuk Polda Metro Jaya 98 titik, Polda Riau (5), Polda Jawa Timur (55), Polda Jawa Tengah (10), Polda Sulawesi Selatan (16), Polda Jawa Barat (21), Polda Jambi (8), Polda Sumatera Barat (10), Polda DIY (4), Polda Lampung (5), Polda Sulawesi Utara (11) dan Polda Banten satu titik.