Komunitas Velozity Jajal Bayar Tol Tanpa Sentuh

Komunitas Velozity Jajal Bayar Tol Tanpa Sentuh
istimewa



INILAH,  Jakarta - Sejalan dengan program Multi Lane Free Flow (MLFF) sebagai sistem pembayaran baru di jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan komunitas pengguna Toyota Avanza Veloz, Velozity, menguji coba aplikasi FLO sebagai sistem pembayaran baru di jalan tol.

FLO merupakan sistem pembayaran tol prabayar berbasis mobile application dan stiker yang menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) serta source of fund berbasis Voucher Electronic (VE). Sehingga dengan sistem tersebut kendaraan yang sudah terpasang dapat melakukan pembayaran tanpa tapping sehingga dapat melalui pintu tol tanpa berhenti.

Kegiatan ini melibatkan 70 member dari Velozity chapter De Bogor's, JVC, VELBEC, dan DVECTA dan langsung diuji dengan penempelan stiker FLO di masing-masing kendaraan. Sebelumnya komunitas Velozity dan PT Jasa Marga sudah melakukan pembicaraan mengenai kegiatan ini sekaligus berbagi informasi mengenai sistem pembayaran lewat aplikasi FLO.


Sebelumnya Badan Pengawas Jalan Tol telah menyiapkan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF). Nantinya, dengan sistem ini pengguna jalan tol tidak lagi melakukan tapping saat melewati pintu pembayaran.

Sistem pembayaran tersebut akan dibangun oleh PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) dan dimulai pada tahun ini.

Teknologi yang diterapkan pada Sistem Transaksi Nontunai MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) yaitu merupakan sistem pembayaran menggunakan alat yang dipasang di mobil dan dibaca lewat satelit.

Teknologi ini akan mengenali dan mengidentifikasi kendaraan pengguna, sehingga transaksi dapat dilakukan secara langsung, lebih cepat, serta efisien, tanpa antrean dan tundaan transaksi.

Rencananya PT RITS akan menerapkan sistem pembayaran nirsentuh MLFF ini di 40 ruas jalan tol di Indonesia. Lebih khusus lagi jalan tol yang akan mendapatkan fasilitas tersebut adalah ruas tol di pulau Jawa dan Bali pada 2022. (inilah.com)

Sistem transaksi berbasis MLFF ini merupakan inovasi baru dalam sistem pembayaran jalan tol di Indonesia. Diharapkan melalui sistem ini dapat menciptakan kemudahan antara konsumen saat melakukan pembayaran di seluruh jalan tol di Indonesia.

PT Jasa Marga sendiri menyambut positif rencana ini, pasalnya dengan sistem pembayaran nirsentuh bisa menjadi bentuk memutus mata rantai COVID-19.

"FLO bisa dikategorikan sebagai salah satu bentuk dan support dari PT Jasa Marga (Persero) untuk memutus mata rantai COVID-19 dikarenakan tidak menyentuh Gardu Tol saat penge-tap-an berlangsung. Juga bisa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di GTO (Gerbang Tol Otomatis)," kata Putri Kamaril, Bussiness & Marketing Let It Flo PT Jasa Marga (Persero).

Sementara itu, ketua chapter Velozity De Bogor'S Vina Sasta mengatakan bahwa pernah dirinya mengalami kesulitan untuk membayar menggunakan e-toll karena kesalahan teknis atau masalah lain yang dihadirkan pada mesin itu sendiri.

"Pernah beberapa kali saya ngalamin kesulitan saat tapping kartu e-toll di GTO, atau sibuk cari struk tol? Ternyata dengan FLO ini menjadi solusi untuk kendala yang saya atau mungkin banyak orang alami selama ini," kata Vina.

Dalam hal ini, para pengguna juga diharuskan mengunduh aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store dan juga Apple App Store untuk bisa melakukan transaksi tanpa berhenti dengan kecepatan yang juga harus disesuaikan.