DPRD: Kalau Mau Mah Bisa Aja Permulus Jalan Cirebon

DPRD: Kalau Mau Mah Bisa Aja Permulus Jalan Cirebon



INILAH, Cirebon - Anggota Komisi III DPRR Kabupaten Cirebon, Anton Maulana menilai, Pemkab Cirebon sebetulnya bisa saja menganggarkan senilai Rp844 milyar lebih untuk kebutuhan biaya penanganan jalan.

Hanya saja, kalau untuk satu tahun anggaran, dirinya pesimis. Selain nilainya sangat besar, meskipun adatidak mungkin bisa terserap saat pengerjaan di lapangan. Kalau tahun depan dianggarkan setengahnya saja, maka hal itu bisa dilakukan.

"Tahun depan harus dianggarkan ya setengahnya dari kebutuhan yang ada. Ini bisa mengurangi tingkat kerusakan jalan," jelas Anton.


Baru tambah Anton, tahun 2023, kembali dianggarkan dengan kisaran Rp400 miliaran lagi. Dengan begitu, maka ruas ruas jalan yang ada bisa dikatakan baik.

Anton mengaku optimis, Pemkab sangat bisa menganggarkan Rp400 miliaran pada tahun depan, kalau saja punya kemauan.

"Semuakan tergantung niat. Saya rasa kalau minta bantuan provinsi dan pusat tahun depan bisa sampailah mendekati setengah triliun kurang. Ini untuk penanganan jalan saja ya. Kapan lagi kita akan memperbaiki kondisi jalan, ya harus dimulai saat ini. Kasihan masyarakat, roda perekonomian bisa terganggu," katanya. 

Sebelumnya, Kabid Bintek DPUPR Kabupaten Cirebon, Rahman Hidayat membenarkan besarnya anggaran yang harus dimiliki PUPR. Menurutnya, sangat tidak mungkin PUPR mendapatkan anggaran sebesar itu. Sementara pihaknya, harus mampu mengelola anggaran yang ada. Masalahnya, bila melihat anggaran yang dimiliki, sangat tidak mencukupi untuk membuat seluruh ruas jalan di Kabupaten Cirebon, mulus.

"Anggaran terbatas, sementara masyarakat meminta setiap tahun jalan di Kabupaten Cirebon bisa mulus. Ini sangat tidak mungkin," ungkap Rahman, Rabu (24/3/2021). (maman suharman)