Proyek Insfrastruktur Pemulihan Bencana Alam di Sukajaya Kok Belum Dilelang?

Proyek Insfrastruktur Pemulihan Bencana Alam di Sukajaya Kok Belum Dilelang?
Ilustrasi/Reza Zurifwan



INILAH, Sukajaya-Pemkab Bogor mendapatkan bantuan anggaran sebesar Rp 53,7 miliar baik melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) maupun program bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat.

Bantuan anggaran sebesar Rp 53,7 milyar itu untuk peningkatan Jalan Ruas Cigudeg - Kiarasari - Cisangku dengan bantuan anggaran sebesar Rp 28,7 milyar dan Jalan Ruas Kiarabeha - Pasirmadang - Cileuksa sebesar Rp 25 milyar.

Anggaran itu diberikan pemerintah pusat maupun Pemprov Jawa Barat untuk pemulihan pasca Kecamatan Sukajaya dan Kecamatan Cigudeg, terkena bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di awal Tahun 2020 lalu.


Melihat besarnya anggaran, kebutuhan masyarakat dan pertimbangan cuaca, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Nurodin pun meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Bogor melelang dua proyek insfrastruktur tersebut.

"Saya minta DPU-PR Kabupaten Bogor segera melelang proyek peningkatan Jalan Ruas Cigudeg - Kiarasari - Cisangku dan  Jalan Ruas Kiarabeha - Pasirmadang - Cileuksa, hal itu karena  dengan pertimbangan anggaran sebesar Rp 28,7 milyar dan Rp 25 milyar, waktu pelaksanaan lebih dari 120 hari dan juga karena saat ini mulai masuk musim kemarau hingga lebih efektif pekerjaannya," pinta Nurodin kepada wartawan, Selasa, (23/3).

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Bogor ini menambahkan besar harapan dua proyek insfrastruktur jalan dilaksanakan dengan baik, jangan sampai kejadian kurang baik di tahun lalu di ruas Jalan Malasari Nanggung-Curug Bitung, Sukajaya kembali terjadi.

"Harapan saya yang juga warga Desa Kiarasari, Sukajaya  tentunya kualitas pekerjaan peningkatan Jalan Ruas Cigudeg - Kiarasari - Cisangku dan  Jalan Ruas Kiarabeha - Pasirmadang - Cileuksa ini sesuai spesifikasi atau baik, jangan sampai Komisi III kembali menemukan kejanggalan di proyek-proyek yang ada di DPU-PR,"  tambahnya.

Informasi yang dihimpun Inilah dari website LPSE Kabupaten Bogor, baik proyek peningkatan Jalan Ruas Cigudeg - Kiarasari - Cisangku dan  Jalan Ruas Kiarabeha - Pasirmadang - Cileuksa maupun konsultan manajemen proyek pembangunan peningkatan jalan dan jembatannya belum masuk daftar lelang.

"Ya benar, proyek peningkatan Jalan Ruas Cigudeg - Kiarasari - Cisangku dan  Jalan Ruas Kiarabeha - Pasirmadang - Cileuksa maupun konsultan manajemen proyek pembangunan peningkatan jalan dan jembatannya belum masuk daftar lelang karena dokumennya belum kami terima dari DPU-PR Kabupaten Bogor," singkat Bambam Satria Aji Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa (BPBJ) Setda Kabupaten Bogor. (Reza Zurifwan)