Permudah Akses, BJB-Taspen Luncurkan Smartcard Pensiunan

Permudah Akses, BJB-Taspen Luncurkan Smartcard Pensiunan
istimewa



INILAH, Bandung - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) mempererat hubungan bisnis dengan dengan PT Taspen. Pemimpin Divisi Corporate Secretary BJB Widi Hartoto mengatakan, kolaborasi itu ditandai dengan peluncuran Taspen Smartcard.

“Untuk Taspen Smartcard ini kita telah mendistribusikannya kepada para pensiunan sejak September 2020. Layanan ini salah satunya berfungsi sebagai kartu pengganti Karip (Kartu Identitas Pensiunan), dimana Taspen Smartcard memiliki desain khusus yang mencantumkan nomor pensiunan para nasabah pada kartunya,” kata Widi saat penyerahan secara simbolis Taspen Smartcard di Outlet BJB Precious, Jalan Teuku Umar, Kota Bandung, Senin (22/3/2021).

Dia menuturkan, kartu pintar itu terutama memudahkan para pensiunan untuk melakukan pengambilan uang tunai di jaringan ATM BJB atau ATM jaringan kerja sama lainnya tanpa harus mengantre di counter teller cabang. Kemudahan tersebut sesuai untuk diterapkan di masa pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan jaga jarak guna mengurangi penyebaran Covid-19. 


“Manfaat lainnya adalah sebagai alat pembayaran yang memiliki fasilitas tambahan program promosi dan diskon di beberapa merchant terpilih yang telah bekerja sama dengan PT Taspen,” jelasnya. 

Bagi nasabah yang baru menginjak masa pensiun dan ingin mendapatkan fasilitas Taspen Smartcard, Widi menyebutkan nasabah dapat membuka rekening tabungan BJB Tandamata Purnabakti. Proses ini dapat dilakukan di seluruh jaringan BJB. 

Dia menambahkan, seiring perkembangan digital saat ini berbagai kemudahan pelayanan untuk para nasabah pensiunan juga terus ditingkatkan. Salah satunya melalui proses otentikasi melalui ponsel pintar. Proses sederhana tersebut memungkinkan nasabah pensiunan untuk dapat dikenali identitasnya tanpa perlu mengantre ke layanan customer service bank. Sehingga, nasabah dapat mengambil uang pensiun di ATM terdekat. 

Sementara itu, perwakilan nasabah BJB Sumarwan Hadisoemarto mengatakan Taspen Smartcard mempermudah dirinya untuk mengambil uang pensiun yang sangat dibutuhkan. Dia mengaku tak perlu lagi mengantre lama di bank. Setiap bulannya, dia hanya perlu melakukan proses otentifikasi melalui smartphone pribadi untuk kemudian memperoleh dana lewat ATM terdekat. 

“Saya sudah menjadi nasabah BJB sejak jadi ASN tahun 1986. Smartcard ini memudahkan saya untuk mengambil uang pensiun, apalagi saya termasuk kelompok rentan terpapar corona. Tidak perlu datang ke bank, saya bisa ambil uang di ATM setelah melakukan otentifikasi di hape,” jelasnya. 

Selain itu, Sumarwan mengatakan transaksi rutin seperti membayar tagihan air dan telepon juga dapat dilakukan di mobile banking BJB. Fitur ini mengurangi mobilitas untuk bertransaksi ke luar rumah. (*)