Protokol Kesehatan Ketat Diterpkan Sepanjang Gelaran Piala Menpora

Protokol Kesehatan Ketat Diterpkan Sepanjang Gelaran Piala Menpora
Antara Foto



INILAH, Jakarta- Pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 pada Grup B, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap para personel yang bertugas di markas tim Singo Edan, Arema FC.

Media Ofiser Arema FC Sudarmaji mengatakan bahwa seluruh personel yang bertugas termasuk para jurnalis yang akan melakukan peliputan di Stadion Kanjuruhan, harus menjalani swab antigen, sebelum bisa memasuki area yang ditentukan.

“Hari ini, mulai pukul 10.00 WIB, kami sudah melakukan swab antigen kepada semua pihak yang bertugas di Stadion Kanjuruhan,” kata Sudarmaji, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin.


Sudarmaji menjelaskan, ada sebanyak 299 orang personel yang bertugas untuk pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan. Seluruh petugas tersebut, wajib menjalani swab antigen dengan hasil negatif.

Penerapan protokol kesehatan secara ketat tersebut, bertujuan untuk memastikan penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 bisa berjalan dengan baik, termasuk menekan potensi penyebaran virus Corona.

“Dari semua yang bertugas di dalam, setelah dilakukan swab antigen dengan hasil negatif baru diperbolehkan masuk,” kata Sudarmaji.

Sudarmaji menambahkan, jika petugas yang telah menjalani swab antigen tersebut dinyatakan negatif, tidak diperkenankan untuk meninggalkan area Stadion Kanjuruhan. Seluruh personel diminta untuk tetap berada di dalam area stadion, termasuk pada saat pertandingan berlangsung.

“Selama pertandingan pertama, dan kedua, tidak diperkenankan untuk keluar masuk area stadion,” ujar Sudarmaji.

Menurut Sudarmaji, jika didapati ada petugas yang terpapar COVID-19 berdasarkan hasil swab antigen, maka pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah penanganan. Langkah pertama adalah dilakukan isolasi mandiri, atau langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat.

“Bagi yang ditemukan terpapar, atau terindikasi, sudah disiapkan dua opsi. Yaitu dilakukan isolasi mandiri, atau langsung tindakan untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat,” kata Sudarmaji.

Pada pertandingan pertama Grup B turnamen pramusim Piala Menpora 2021, Senin, akan menghadirkan pertarungan antara Bhayangkara Solo FC melawan Borneo FC yang akan dilangsungkan pada pukul 15.15 WIB. Dan pertandingan kedua mempertemukan Persija Jakarta lawan PSM Makassar.

Sementara pada Grup C di Bandung, diisi Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, PSS Sleman, dan Madura United. Pada Grup D yang digelar di Sleman, akan diisi oleh Persib Bandung, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, dan Bali United.

Sementara itu, pada Grup A diisi oleh Arema FC, bersama PS Tira Persikabo 1973, PSIS Semarang, dan Barito Putera.

Dalam turnamen pramusim Piala Menpora 2021 tersebut, penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 akan menjadi perhatian utama. Hal itu menjadi penentu untuk bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

Jika dalam turnamen pramusim Piala Menpora 2021 penerapan protokol kesehatan bisa dijalankan dengan ketat, Polri memastikan akan menerbitkan izin keramaian untuk bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.