Jokowi Inginkan Layanan Vaksinasi Drive Thru Diperluas 

Jokowi Inginkan Layanan Vaksinasi Drive Thru Diperluas 
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puri Begawan dan vaksinasi massal sasaran lanjut usia (lansia) yang dilaksanakan secara drive thru di GOR Pajajaran, Jumat (19/3/2021). Orang nomor satu di Indonesia itu berharap pelaksanaan vaksinasi secara drive thru di Kota Bogor tersebut dapat dilaksanakan di daerah lain. 

"Kami harapkan model-model seperti ini juga bisa dilakukan di kota dan provinsi lain sehingga mempercepat proses vaksinasi," kata Jokowi yang saat itu didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakilnya Dedie A Rachim.

Dia memantau, vaksinasi Covid-19 secara drive thru di Kota Bogor berjalan lancar. Proses vaksinasi mulai dari registrasi, pendaftaran, skrining, dan penyuntikan vaksin seluruhnya berjalan dengan baik. 


Sedangkan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebutkan untuk peningkatan kapasitas vaksinasi itu pihaknya mendorong agar sejumlah gedung -baik gedung olah raga, hotel dan mal- untuk bisa dijadikan lokasi vaksinasi massal.

"Itu harus dilakukan karena Juni 2021 ditargetkan vaksinasi bagi profesi publik ASN selesai. Nantinya akan berlanjut melaksanakan vaksinasi bagi kelompok umum," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Emil itu melanjutkan, dengan mengarahkan mal-mal sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi diharapkan dapat menghidupkan sektor ekonomi. Warga yang selesai divaksinasi bisa berbelanja di sana. 

Sementara itu, CEO dan Co-Founder Halodoc Jonathan Sudharta menyampaikan komitmennya pos vaksinasi drive thru di Bogor ini merupakan lokasi ketiga setelah sebelumnya didirikan di Jakarta dan Cengkareng. Total, terdapat lebih dari 25.000 orang yang telah divaksin dengan 15.000 di antaranya mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

"Hal ini menjadi bukti komitmen berkelanjutan kami untuk selalu mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19. Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk dapat memperluas jangkauan pos vaksinasi jangka panjang ini di berbagai kota di Indonesia agar lebih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki akses aman dan praktis untuk vaksinasi Covid-19," tuturnya.

Di tempat yang sama, Co-CEO Gojek Kevin Aluwi menyebutkan kunjungan kenegaraan itu tidak dimaknai simbolis semata. Melainkan sebagai bentuk kepercayaan dan motivasi bahwa anak bangsa harus dan mampu berkontribusi nyata dalam mendukung percepatan vaksinasi Covid-19. 

"Bukan hanya siap berkontribusi melalui teknologi dan infrastruktur, kami juga berkomitmen untuk terus melakukan edukasi, sosialisasi, dan implementasi protokol kesehatan di berbagai layanan Gojek dan seluruh bagian ekosistem kami. Dengan harapan masyarakat Indonesia dapat kembali hidup normal," kata Kevin. (Rizki Mauludi)