Ini Alasan Persib Berlatih Pagi

Ini Alasan Persib Berlatih Pagi
dok/inilahkoran



INILAH, Bandung - Persib Bandung akan menjalani pertandingan pada malam hari di fase grup Piala Menpora 2021. Tepatnya pada pukul 18.15 WIB.

Tak hanya saat melawan Bali United (24/3/2021), namun juga pertandingan malam itu diberlakukan untuk dua lawan lainnya. Yakni melawan Persita Tangerang (29/3/2021) dan Persiraja Banda Aceh (2/4/2021).

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts membenarkan jadwal tersebut. Bahkan, dia tak memungkiri berkeinginan untuk menggelar latihan pada malam hari agar para pemainnya terbiasa. 


"Kami berlatih pagi hari karena GBLA cukup jauh. Idealnya berlatih di sore hari tapi di Bandung banyak kemacetan, saya butuh waktu dua jam untuk pulang setelah latihan dan itu tidak sebanding," kata Robert di Stadion GBLA, Gedebage, Kota Bandung, Kamis (18/3/2021). 

Dengan alasan itu, Robert tetap menggelar latihan pada pagi hari meski Persib Bandung memiliki jadwal pertandingan di Piala Menpora 2021 pada malam hari. 

"Jadi kenapa kami berlatih pagi hari itu karena kami menghindari kemacetan dan pemain bisa makan siang di rumah masing-masing tanpa harus mengalami kemacetan seusai latihan, itu alasannya kami berlatih pagi hari," jelasnya.

Robert tak ingin kemacetan yang terjadi di Bandung mempengaruhi mental para pemainnya. Sehingga tidak bisa tampil maksimal dalam meningkatkan staminanya. 

"Idealnya dilakukan sore hari tapi kalian tahu sendiri Bandung ada banyak kemacetan dan itu tidak bagus untuk pemulihan dan mentalitasnya," tegasnya. 

Namun, pelatih asal Belanda ini memastikan jadwal Piala Menpora 2021 yang menghampiri timnya tidak akan mengurangi performa para pemainnya. Terlebih, hampir seluruh tim memiliki masa persiapan yang cukup singkat. 

"Kami sama dengan tim-tim lain kami dalam level yang sama kecuali Bali United tentunya. Karena Bali United memulai latihan jauh sebelum tim lain karena Bali United bersiap untuk Piala AFC. Jadi jika dibandingkan Bali United dengan tim lain dalam hal persiapan, pemain mereka lebih fit," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)