Dewan Apresiasi Vaksinasi Drive Thru Lansia di Bogor, Keren Tanpa Antrean dan Kerumunan

Dewan Apresiasi Vaksinasi Drive Thru Lansia di Bogor, Keren Tanpa Antrean dan Kerumunan
Istimewa



INILAH, Bogor - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mulai melakukan vaksinasi drive thru bagi lansia di komplek Stadion Gor Pajajaran, Kecamatan Tanah Sareal pada Rabu (17/3/2021) sore. Hal ini diapresiasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor yang memantau pelaksanaan vaksin lansia tanpa antrian juga kerumunan.

Diketahui saat kegiatan vaksinasi, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto ini dilanjutkan dengan meresmikan pos pelayanan, program vaksinasi Covid-19. Ada sebanyak 3.000 sasaran lansia menjadi targert program vaksinasi.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Devie Prihartini Sultani apresiasi langkah Pemkot Bogor melakukan vaksinasi terhadap lansia dengan sistim drive thru. Menurutnya vaksinasi dengan sistim drive thru ini sangat baik karena tidak menimbulkan kerumunan.


"Saya dapat informasi dari Dinkes, vaksinasi untuk lansia ini kolaborasi yang baik dari Dinkes, Halodoc dan Gojek. Vaksinasi drive thru ini bagus karena tidak adanya kerumunan saat akan memdaftar," ungkap wanita yang akrab disapa DPS pada Rabu (18/3/2021) sore.

DPS menjelaskan, vaksinasi untuk lansia ini akan berlangsung selama tiga bulan kedepan, baik untuk vaksin pertama maupun kedua. Saat ini dosis vaksin di Kota Bogor masih terbatas. Pemkot Bogor pun sudah mengajukan kembali sebanyak 10 ribu dosis vaksin kepada pemerintah pusat untuk vaksinasi tahap kedua.

"Di Kota Bogor baru 19 ribu orang yang sudah melakukan vaksinasi, ini baru sepertiga warga Kota Bogor, semoga pemerintah pusat segera mengirim kembali vaksin, sehingga kita bisa percepat melakukan vaksinasi untuk warga Kota Bogor," pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, program vaksinasi Covid-19 bagi lansia dengan sistem drive thru merupakan buah dari kerjasama Pemkot Bogor bersama Gojek dan Halodoc. Pos pelayanan program vaksinasi covid-19 bagi lansia tersebut, rencananya bakal dilakukan hingga tiga bulan kedepan dengan menjaring lansia yang ingin menjalani vaksin tanpa perlu turun ke lokasi vaksin.

"Untuk dosis hariannya mencapai 600 dosis perhari, dengan sasaran 61 ribu lansia. Saya turut mengapresiasi dukungan Halodoc dan Gojek dalam membantu mensukseskan program vaksinasi covid-19 di Kota Bogor," ungkap Bima.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan, secara umum data lansia di Kota Bogor mencapai sekitar 91 ribu. Jumlah tersebut berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor. Saat ini Pemkot Bogor telah melakukan pendataan dan yang terkonfirmasi untuk mendapatkan vaksin Covid-19 berjumlah 61 ribu orang.

"Yang sudah terkonfirmasi untuk mendapatkan vaksin covid-19 ada 61 ribu. Kami menargetkan program vaksinasi bagi lansia di Kota Bogor bisa selesai dalam kurun waktu tiga bulan kedepan. Semoga saja vaksinasi ini bisa selesai sesuai jadwal yang kami tentukan atau tiga bulan kedepan," tuturnya.

Ditempat yang sama, CEO dan Cofounder Halodoc, Jonathan Sudharta mengatakan, sejalan dengan komitmen jangka panjang Halodoc dalam membantu penanganan selama pandemi, kami terus berupaya mendukung pemerintah Indonesia dengan mempercepat program vaksinasi COVID-19. Peresmian Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru ini merupakan yang ketiga secara nasional sekaligus yang pertama di Kota Bogor. 

"Edukasi juga terus kami gencarkan guna membantu masyarakat mendapatkan informasi terpercaya terkait vaksinasi. Tidak lupa, kami juga berterima kasih kepada masyarakat Indonesia atas penerimaan yang luar biasa baik terhadap inisiatif yang kami jalankan ini. Mari kami bersama-sama menyukseskan program vaksinasi nasional dengan aman, tertib, dan nyaman," tuturnya.

Sementara itu VP Regional Corporate Affairs Gojek, Michael Reza Say menambahkan, berterima kasih kepada Pemkot Bogor yang telah memberikan kepercayaan kepada Halodoc dan Gojek untuk berkolaborasi bersama dalam mengadakan pos vaksinasi drive thru pertama di Bogor. 

"Sejak awal, Gojek berkomitmen mendukung upaya pemerintah dengan menjadi yang pertama melakukan berbagai edukasi, sosialisasi, dan implementasi protokol kesehatan di berbagai layanan Gojek dan seluruh bagian ekosistem, mulai dari karyawan, mitra driver, mitra usaha, dan pengguna.Sebab, kesehatan dan keselamatan ekosistem merupakan prioritas kami. Kami juga mengapresiasi perhatian pemerintah yang memberikan prioritas vaksin tahap kedua kepada masyarakat usia lansia termasuk mitra driver online," pungkasnya.