Kebakaran Kerap Terjadi, Tugas Damkar Bandung Makin Berat

Kebakaran Kerap Terjadi, Tugas Damkar Bandung Makin Berat



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, tugas dan tanggung jawab Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung kian berat. 

Sebab, populasi di Kota Bandung akan terus meningkat yang berdampak kepada potensi terjadinya bencana. Utamanya bencananya kebakaran yang setiap tahunnya selalu terjadi di wilayah Kota Bandung. 

"Tantangannya mungkin semakin berat. Ditandai dengan semakin banyaknya populasi warga," kata Oded di Markas Komando (Mako) Diskar PB, Jalan Sukabumi, Kota Bandung pada Rabu (17/3/2021). 


Menjawab tantangan tersebut, dia meminta agar Diskar PB Kota Bandung lebih profesional. Profesional dan kemandirian kerja, harus terus ditingkatkan dan dimiliki Diskar PB Kota Bandung. 

"Arahan pak gubernur, bahwa ke depan. Diskar PB harus mengedepankan profesionalisme, proporsional, dan mandiri dalam melayani masyarakat. Untuk mewujudkan profesionalisme, damkar harus mandiri," ucapnya. 

Sambung Oded, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun akan terus berupaya memenuhi kebutuhan operasional untuk menunjang kinerja Diskar PB. Hal itu tentu disesuaikan dengan anggaran yang ada. 

"Insya Allah, kita akan lengkapi berbagai fasilitas yang d‎ibutuhkan Diskar PB sesuai kemampuan anggaran. Kalau soal insentif, kita selalu perhatian kita memang sudah secara konprehensif," ujar dia. 

Dia pun berharap kepada masyarakat agar turut berpartisipasi aktif dalam menekan potensi kebakaran. Karena, kebakaran di Kota Bandung dinilai terjadi akibat kelalaian dari masyarakat.‎

"Mengimbau agar yang namanya musibah kebakaran ini, biasanya terjadi karena hal hal yang sepele. Misalnya tentang kompor, listrik kabel semrawut, mari kita sama-sama berhati-hati," tandasnya. (Yogo Triastopo)