Jabar Masih Tanpa Zona Merah Pekan Ini

Jabar Masih Tanpa Zona Merah Pekan Ini
istimewa



INILAH, Bandung-Selain tidak ada zona merah, trend kasus Covid-19 di Jawa Barat terus menurun. Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai memimpin rapat Satgas Covid-19 Jabar di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Senin (15/3/2021).

 

"Tidak ada zona merah di Jabar, kasus juga trennya menurun bahkan desa-desa yang tadinya status mikronya merah dari Minggu lalu 300-an sekarang tinggal 137 turun," ujar Ridwan Kamil. 


 

Selain itu, Emil -sapaan Ridwan Kamil- menyampaikan, kasus penularan covid-19 pada tenaga kesehatan (nakes) pun cenderung turun. Dia menilai, pelaksanaan vaksinasi secara masif yang dilakukan sejauh ini berbuah hasil. 

 

"Sebelum ada vaksinasi kasus Covid yang kena ke tenaga kesehatan itu cenderung naik, tapi setelah dilakukan vaksinasi dan sudah beres hampir 100 persen tahap dua ini kasus yang kena ke tenaga kesehatan itu makin turun. Kalau dari pembacaan statistik, kasus kepada tenaga kesehatan di Jabar sejak dilakukan vaksinasi ini terlihat menurun," paparnya.

 

Lebih lanjut, Emil menyampaikan, tingkat kepatuhan daerah di Jabar relatif stabil di atas 80 persen. Dia berharap kepatuhan warga dalam menerapkan protokol kesehatan tetap konsisten.

 

Dia juga menyinggung soal keterisian rumah sakit yang trennya relatif terus menyusut. Jika awal tahun lalu sempat 80 persen, kini hanya 54 persen. 

 

"Karena ada korelasi kasusnya makin turun maka yang ke rumah sakit juga makin tidak banyak sehingga tingkat keterisian yang dilaporkan oleh rumah sakit ada di angka 54 perse," ucap Emil. (Riantonurdiansyah)