Komisi V DPRD: Labkes Jabar Harus Berstandar Internasional

Komisi V DPRD: Labkes Jabar Harus Berstandar Internasional



Bandung,- Komisi V DPRD Jawa Barat dorong Labolatorium Kesehatan (Labkes) Jawa Barat, menjadi tempat layanan masyarakat bertaraf internasional.

 

Hal itu diungkapkan  perwakilan anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Ade Kaca, saat kunjungan ke kantor Labkes Jawa Barat, Jl.Sederhana, Kota Bandung, Senin (15/3). Dalam kesempatan itu, Ade mengaresiasi kinerja petugas Labkesda yang kinerjanya terus meningkat akibat pandemic Covid-19.


 

“Pada dasarnya kami mendukung adanya wacana migrasi status Labkes dari PTPD menjadi BLUD.  Ini sebagai upaya untuk  meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Bila perlu, Labkes ini  kita bangun dengan  standar internasional untuk memaksimalkan pelayanan, mulai dari standar Gedung, Alkes, SDM dan fasilitas lainnya,”tutur Ade.

 

Dalam kunjungannnya, Ade meninjau langsung beberapa fasilitas  labolatorium yang dikelola Labkesda. Dia ingin meyakinkan sejauh mana upaya Labkes Jabar dalam memberikan layanan terhadap masyarakat.

 

Dalam kunjungannya, Ade diterima  Kepala TU Labkes Jabar Rasidin, Kasi Pelayanan dr. Riyan Ristandi, dan Kasi Mutu dan Pengembangan Rini Robiani. Dalam kesempatan itu, Ade menegaskan akanterus mendukung program kerja Labkes Jabar.

 

“Demi kepentingan kesehatan masyarakat, kami akan support terus Labkes Jabar agar bisa meningkatkan pelayanan secara maksimal. Kami juga akan berkoordinasi dengan Banggar DPRD agar memberikan dukungan anggaran yang maksimal,”tegasnya.

 

Ade menambhakan, pihaknya  mendukung migrasi status UTPD Labkes menjadi BLUD, karena dengan BLUD pelayanan akan lebih maksimal dengan keleluasaan pengelolan anggaran untuk memenuhi Standar Pelayanan.

 

Sementara itu, Kepala TU Labkes Rasidin mengungkapkan, Labkes Jabar saat ini terus berbenah meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Dia mengakui, sejak awal adanya pandemi Covid-19, jajarannya harus ekstra kerja dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

 

“Alhamdulillah, seperti telah disampaikan Bapak Gubernur Ridwan Kamil beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menggenjot kinerja Labkes. Dan saat ini kita sudah mampu melakukan untuk tes Covid-19 sekitar 1200 orang per hari, Labkes juga terus meningkatkan pelayanan kesehatan lainnya yang menjadi tugas pokok kami, ”paparnya.