DPRD Jabar Apresiasi Gedung Sate dan Gedung Pakuan untuk Lokasi Vaksinasi Covid-19

DPRD Jabar Apresiasi Gedung Sate dan Gedung Pakuan untuk Lokasi Vaksinasi Covid-19
net



INILAH, Bandung - Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengapresiasi langkah Pemprov Jabar yang menjadikan Gedung Pakuan dan Gedung Sate sebagai lokasi vaksinasi. Di mana kebijakan ini juga didorong untuk diterapkan pada level kabupaten/kota. 

Sebelumnya, komitmen tersebut dilakukan saat pelaksanaan vaksinasi secara massal bagi ulama dan tokoh masyarakat di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung pada 10 Maret 2021 lalu. 

"Tentunya bagus ya dan sesuai instruksi Pak Gubernur Jabar juga untuk kabupaten/kota bisa mencontoh langkah Pemprov Jabar tersebut," ujar Ineu.


Menurutnya, vaksinasi Covid-19 merupakan bagian dari usaha pemerintah beserta negara untuk mengamankan anak bangsanya agar bisa diselamatkan dari wabah pandemi ini. Dia mengaku, pihaknya sangat menyambut baik vaksinasi ini, terlebih sebagai wakil rakyat tentu memiliki kegiatannya yang banyak. 

"Termasuk lapangan seperti menerima audiensi atau reses ke dapil. Sehingga jika sudah divaksinasi kan itu seperti ada 'benteng' pertahanan tubuh kita dengan catatan tetap perhatikan prokes 3 M," katanya. 

Ineu melanjutkan, vaksinasi Covid-19 untuk anggota dan pegawai di lingkungan DPRR sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2021 di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung.

"Informasi yang saya dapatkan dari setwan, vaksinasi di lingkungan DPRD Jabar itu akan dilaksanakan Kamis pekan depan, tanggal Maret 2021. Itu untuk anggota dan pegawai juga," katanya

Dia erharap pelaksanaan vaksinasi untuk anggota dan pegawai di DPRD Provinsi Jawa Barar bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan tertentu.

"Semoga hari H pelaksanaan vaksinasi di DPRD Jabar lancar. Dan kami semua anggota DPRD Jabar bisa melalui pemeriksaan pra atau sebelum di suntik vaksin karena itu kan ada cek tensi dan lain-lain," harap Ineu. 

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan, vaksinasi massal digelar untuk mempercepat proses penyuntikan vaksin dan membentuk kekebalan kelompok. Karena itu, dia mendorong kepala daerah di Jabar untuk menjadikan rumah dinas sebagai tempat pelayanan vaksinasi. 

Hal itu dilakukan sebagai upaya mempercepat vaksinasi Covid-19. 

"Kalau Gedung Pakuan dipakai untuk tempat vaksinasi, maka wali kota dan bupati di Jabar dapat melakukan hal yang sama," ujarnya. 

Emil -sapaan Ridwan Kamil-  meminta institusi di Jabar yang memiliki gedung besar untuk meminjamkan tempatnya sebagai tempat pelayanan vaksinasi. Terlebih saat ini kecepatan vaksinasi di Jabar baru menyasar 22 ribu orang per hari. Jika target vaksinasi ingin tercapai, maka harus naik ke 150 ribu per hari. 

Dengan begitu, maka tidak bisa hanya mengandalkan Puskesmas untuk lokasi vaksinasi. 

"Maka arahan saya, untuk mengejar 150 ribu penyuntikan vaksin per hari, maka Gedung Pakuan dan Gedung Sate juga akan digunakan sebagai tempat pelayanan vaksinasi," katanya. (Rianto Nurdiansyah)