Sediakan Alternatif Lokasi, Pemkot Bogor Permudah Vaksinasi Lansia

Sediakan Alternatif Lokasi, Pemkot Bogor Permudah Vaksinasi Lansia
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Pemkot Bogor mempermudah vaksinasi masyarakat ketegori lanjut usia (lansia). Ada sejumlah alternatif titik mulai dari fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit hingga memanfaatkan fasilitas drive thru di GOR Pajajaran.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno menuturkan, sistem drive thru untuk vaksinasi lansia di GOR Pajajaran, rencananya mulai dilaksanakan pada Rabu (17/3/2021) mendatang. Pihaknya juga menyiapkan beberapa titik berbasis fasilitas kesehatan. 

"Ya, bisa di Puskesmas, rumah sakit, kemudian satu lagi drive thru. Saya lagi merencanakan hari Rabu besok untuk lansia drive thru di GOR Pajajaran," ungkap Retno kepada wartawan, Minggu (14/3/2021).


Retno melanjutkan, untuk menjalani vaksinasi dengan sistem drive thru nanti, para lansia bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi kesehatan daring yaitu Halodoc. Vaksinasi drive thru ini bisa dilaksanakan dengan menggunakan mobil atau motor, seperti yang sudah dilakukan di DKI Jakarta. Sementara itu, berdasarkan data dari kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan Puskesmas melalui RW, berdasarkan nama dan alamat sudah ada 61.178 lansia di Kota Bogor yang terdata. 

"Ya, jadi lansia ada sekitar 61 ribu orang ya, cukup banyak. Jadi kami butuh beberapa titik vaksinasi. Tak hanya itu, penyuntikan vaksin untuk lansia di puskesmas akan disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Termasuk rumah sakit," terangnya.

Kemungkinan, kata dia, beberapa komunitas lansia juga akan dilaksanakan vaksinasi massal seperti yang sudah dilaksanakan di Puri Begawan dan IPB International Convention Center (IICC).

"Jadi bisa beberapa model ya, nanti berbasis fasilitas kesehatan, puskesmas yang mendekatkan ke wilayah, rumah sakit, kemudian nanti mungkin yang komunitas bisa saya buat massal, satu lagi pilihan yang drive thru," tambah mantan Wadir Pelayanan RSUD Kota Bogor itu.

Retno juga menegaskan, pelaksanaan vaksinasi untuk Lansia akan dilakukan menggunakan sistem drive thru di GOR Pajajaran untuk mengurai kepadatan jika hanya dipusatkan di Puskesmas. 

"Intinya kami sudah buat alurnya. Hampir sama seperti swab drive thru sistemnya. Rabu nanti akan kami mulai. Observasinya di dalam mobil, motor juga bisa nanti. Kalau lansia individu bisa drive thru ataupun di wilayah-wilayah, agar dekat bisa ke Puskesmas. Rumah sakit juga nanti kami  akan buka layanan khusus vaksin Lansia seperti BSH, Siloam dan BMC," pungkasnya. (Rizki Mauludi)