Waspadai! Ini 7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Waspadai! Ini 7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D
istimewa



INILAH, Jakarta - Kekurangan vitamin D akan membuat tubuh bereaksi yang bisa ditandai dengan beragam kejadian, mulai dari mudah sakit hingga rambut mudah rontok. Karenanya, penting untuk mempelajari apa saja ciri-ciri saat tubuh kekurangan vitamin D.

Kebutuhan tubuh akan nutrisi harus terpenuhi setiap harinya. Dengan begitu, tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Virus dan patogen lain penyebab penyakit sendiri dapat dilawan secara langsung oleh tubuh jika sistem kekebalan kuat.

Perlu diketahui, vitamin D berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh. Kekurangannya akan mengganggu kesehatan seseorang.


Berikut tujuh tanda atau ciri-ciri kekurangan vitamin D pada tubuh.

1. Mudah sakit dan terkena infeksi

Ciri-ciri kekurangan vitamin D yang pertama sangat berkaitan dengan fungsi vitamin D memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tubuh yang kekurangan vitamin D akan cenderung mudah sakit dan terkena infeksi.

Kondisi tubuh yang melemah ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh tidak mampu bekerja optimal. Padahal, jika vitamin D tersedia dalam jumlah yang cukup, tubuh akan lebih mudah melawan berbagai penyebab penyakit dan juga infeksi.

2. Luka lama sembuh

Sistem kekebalan tubuh berfungsi melawan virus dan patogen penyebab penyakit yang menyerang tubuh. Ditambah, jika tubuh mengalami luka, sistem kekebalan tubuh akan berusaha sigap mengobatinya.

Sekali lagi, kekurangan vitamin D akan membuat sistem kekebalan tubuh tidak mampu bekerja secara optimal. Akibatnya, jika tubuh terluka, maka tubuh akan lebih lama melakukan pemulihan atau artinya luka tersebut akan lebih lama sembuh daripada biasanya. Lebih buruk lagi, lama-lama luka tersebut bisa mengalami infeksi.

3. Tubuh mudah lelah

Ciri-ciri kekurangan vitamin D berikutnya adalah tubuh terasa mudah lelah. Defisiensi atau kondisi tubuh kekurangan vitamin D bahkan membuat tubuh tetap lelah walaupun sudah beristirahat. Kondisi ini terus terjadi berulang-ulang.

Biasanya, tubuh yang mudah kelelahan akan disarankan mengonsumsi berbagai vitamin. Suplemen vitamin D juga bisa menjadi jawaban dari kebutuhan tubuh. Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi dosis suplemen vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Kepadatan tulang berkurang

Salah satu manfaat dari vitamin D adalah mendorong tubuh menyerap kalsium lebih baik. Kalsium ini dibutuhkan untuk memperkuat tulang. Kekurangan vitamin D akan membuat kondisi tulang melemah.

Ciri-ciri kekurangan vitamin D yang juga dapat muncul adalah kepadatan tulang berkurang. Alasannya karena tulang tidak memiliki nutrisi berupa kalsium yang cukup untuk menunjang dan merawat kekokohan tulang.

5. Nyeri tulang

Ciri-ciri kekurangan vitamin D berikutnya yaitu masih berkaitan dengan fungsi vitamin D untuk mendorong penyerapan kalsium. Bukan hanya kepadatan tulang berkurang, tulang juga akan sering terasa nyeri.

Nyeri tulang akan sering terasa pada tulang bagian belakang. Menopause atau kondisi tulang yang mengeropos juga akan menyebabkan tulang terasa nyeri. Gangguan kesehatan ini paling banyak dialami oleh orang di atas 45 tahun.

6. Nyeri otot

Kekurangan vitamin D juga bisa ditandai dengan timbulnya rasa nyeri di bagian otot. Nyeri otot akan semakin terasa saat tubuh melakukan berbagai kegiatan berat secara intens.

Nyeri otot ini tidak hanya dapat dialami oleh orang dewasa. Anak-anak juga bisa mengalaminya jika tubuh kekurangan vitamin D. Untuk itu, konsumsi suplemen vitamin D dengan dosis yang tepat akan mengurangi rasa nyeri pada otot ini.

7. Rambut rontok

Ciri-ciri kekurangan vitamin D bisa saja tidak disadari. Contohnya ketika rambut rontok, mungkin akan melihatnya sebagai permasalahan yang biasa terjadi ketika sedang mengalami stres. Padahal, rambut rontok juga bisa menjadi tanda kekurangan vitamin D dalam tubuh.

Jika rambut anak-anak mudah rontok, maka salah satu diagnosa yang dapat muncul adalah mereka kekurangan vitamin D. Tapi, rambut rontok karena kekurangan vitamin D juga bisa terjadi pada orang dewasa. Pada perawatan rambut rontok bisa saja Anda dianjurkan mengonsumsi suplemen vitamin D.

Untuk mengantisipasi kejadian itu, ada baiknya mencoba memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin D atau mengkonsumsi suplemen penambah vitamin D, seperti D3-400 Tablet dan D3-1000 Tablet dari Pyfa Health, misalnya atau bisa juga mengkonsumsi multivitamin yang ada kandungan vitamin D.  (inilah.com)