Pemkab Bogor Support Adaptasi Teknologi di Desa Wisata 

Pemkab Bogor Support Adaptasi Teknologi di Desa Wisata 
istimewa



INILAH, Cisarua-Untuk meningkatkan adaptasi teknologi serta memajukan Desa Wisata di Kabupaten Bogor, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan melakukan peninjauan langsung ke Desa Wisata Batu Layang Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Rabu (10/3/2021).

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, mengatakan, sebagai upaya untuk mendukung kemajuan dan perkembangan Desa Wisata, Pemerintah Kabupaten Bogor telah meluncurkan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade), untuk membangun desa dan mendorong Desa Wisata di Kabupaten Bogor. Sekitar 311,8 miliar dianggarkan untuk membangun desa. 

"Kami berharap kita bisa berkaborasi dan Kemenparekraf bisa mendorong serta membantu memulihkan sektor pariwisata di Kabupaten Bogor agar pariwisata di Kabupaten Bogor bisa semakin besar dan maju," ucap Iwan Setiawan.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan Desa Wisata Batulayang baru saja telah dinobatkan sebagai Desa Wisata Berkelanjutan. 

Untuk itu peninjauan perlu dilakukan, untuk melihat secara langsung pengelolaan Desa Wisata Batulayang juga untuk meningkatkan kolaborasi dengan Pemkab Bogor. 

Ditengah pandemi dan kesulitan yang dihadapi masyarakat, ia hadir untuk membangkitkan semangat dan meningkatkan adaptasi teknologi digital di Desa Wisata Batulayang.

"Kami berharap dengan adanya adaptasi teknologi bain terapan maupun informasi atau sosial media di masing-masing Desa Wisata. Ini berpengaruh terhadap semakin banyaknya produk UMKM terbaik dan berkualitas," ungkap Sandiaga.

Menurutnya, kearifan lokal, budaya dan keindahan alam hanya ada di Desa Wisata sehingga Desa Wisata menjadi program unggulan Kemenparekraf. 

Untuk itu ia meminta kepada Pemkab Bogor, agar terus memberikan perhatian dan support kepada Desa Wisata yang ada di Kabupaten Bogor.

"Mari kita sama-sama bergandengan tangan, terus tebar harapan agar pariwisata bangkit kembali. Kebangkitan tersebut kita mulai hari ini di Desa Wisata Batulayang," pungkasnya. (Reza Zurifwan)