MediaTek Hadirkan Chipset untuk Smart TV 4K

MediaTek Hadirkan Chipset untuk Smart TV 4K
istimewa



INILAH, Jakarta - MediaTek baru saja mengumumkan kehadiran chipset terbarunya yang ditujukan untuk smart TV, yakni MT9638.

Menurut MediaTek, chipset tersebut ideal untuk mendukung TV dengan resolusi 4K dan dibekali dengan AI Processing Unit (APU) yang memiliki performa tinggi. Seperti apa?

MediaTek menjelaskan bahwa MT9638 yang dibekali AI Processing Unit memungkinkan ketersediaan teknologi terkait resolusi, kualitas gambar, asisten suara, serta peningkatan kecepatan Variable Refresh Rate (VRR) dan MEMC (motion estimation and motion compensation).


Yang paling menarik, chipset yang mendukung resolusi hingga 4K60 ini juga ideal untuk antarmuka HDMI 2.1 dan USB 3.0 terbaru. Itu artinya, smart TV yang dipersenjatai MediaTek MT9638 akan cocok dipasangkan dengan konsol anyar seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X.

MediaTek MT9638 mengusung CPU ARM Cortex-A55 dan GPU Mali-G52. Chipset ini juga mendukung decoding HEVC, VP9 dan konten AV1, serta HDR10+ yang memungkinkan peredupan lokal dengan lampu latar susunan penuh dengan lebih dari 2000 zona.

"Chipset MT9638 baru ini meneruskan perjalanan kami sebagai penyedia chip No.1 untuk TV pintar, memberikan pengalaman AI, multimedia, game, dan hiburan yang luar biasa kepada para konsumen dengan kualitas teater 4K," ungkap Alex Chen, General Manager of the TV Business Unit, MediaTek, dalam siaran persnya kepada INILAHCOM.

Soal audio, smart TV dengan MediaTek MT9638 dapat mendukung teknologi Dolby Atmos dan DTX Virtual X. Konektivitasnya sendiri sudah dilengkapi WiFi 6, dan mendukung pemasangan hingga empat mikrofon jarak jauh untuk memudahkan pengguna memanggil asisten virtual.

Chipset MT9638 juga mendukung aplikasi-aplikasi yang terkait pengenalan suara AI dan panggilan video berkemampuan AI, sehingga memberikan cara baru bagi konsumen untuk memakai smart TV mereka dan berinteraksi dengan keluarga serta teman mereka.

Produk smart TV 4K berbasis MediaTek MT9638 diharapkan akan menjangkau pasar konsumen pada Q2 2021 mendatang.

Meski demikian, belum ada bocoran informasi brand mana saja yang siap mengembangkan produk terbaru dengan chipset canggih tersebut.

Kita tunggu saja bersama. (inilah.com)