Pembangunan Jalur Rel Ganda Bogor-Sukabumi Capai 75 Persen

Pembangunan Jalur Rel Ganda Bogor-Sukabumi Capai 75 Persen
istimewa



INILAH, Bogor - Dalam waktu tak lama lagi, jalur rel ganda Bogor-Sukabumi bakal terwujud. Sejauh in, Kepala Balai Besar Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Erni Basri mengatakan pembangunan jalur ganda tersebut mencapai wilayah Cicurug.

"Pembangunan double track Bogor-Sukabumi sendiri sudah mencapai 75 persen. Pembangunannya, sudah sampai Cicurug," kata Erni saat sinkronisasi proyek bersama Pemkot Bogor, Selasa (9/3/2021).

Menurutnya, sejumlah sinkronisasi harus dilakukan. Upaya itu meliputi penataan jalur atau jalan akses yang kemungkinan harus digeser karena berhimpitan dengan Stasiun Batutuli. Untuk itu, sebanyak 713 bidang tanah sudah dibayarkan kepada masyarakat di wilayah Batutulis dan Empang.


"Kalau yang terakhir ini 713 itu sudah clear semua. Nilai materi itu yang terakhir itu mencapai Rp15,6 Miliar. Tadi, masyarakat sangat berterima kasih dan mereka sangat senang," ungkapnya.

Dalam sepekan ini, Erni menargetkan penertiban di kawasan Batutulis itu rampung. Selanjutnya, Balai Besar Perkeretaapian bisa meletakkan alat-alat beserta material di lokasi pembangunan agar pekerjaan bisa segera dilanjut. Selain itu, Erni mengaku telah berkoordinasi dengan Pemkot Bogor untuk mengatur warga di wilayah tersebut.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim ikut mengecek kelanjutan pembangunan jalur rel ganda Bogor-Sukabumi di titik Stasiun Batutulis. Sejauh ini, beberapa bangunan di kawasan Batutulis sudah mulai dibongkar. Hal itu untuk mendukung penataan di kawasan tersebut. 

Dia menambahkan, pihaknya pun akan melakukan koordinasi dengan Bappenas dan Kementerian PUPR. Hal itu dilakukan untuk perencanaan pembangunan fly over yang nantinya berada persis di sebelah Istana Batutulis. (Rizki Mauludi)