UPI dan LTMPT Luncurkan SBMPTN Tahun 2021

UPI dan LTMPT Luncurkan SBMPTN Tahun 2021
Ilustrasi (Antara)



INILAH, Bandung - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka penerimaan mahasiswa baru tahun 2021 melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan secara nasional di bawah koordinasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Direktur Direktorat Pendidikan Asep Supriatna mengatakan, tujuan SBMPTN yaitu untuk menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

"Selain itu, membantu perguruan tinggi untuk memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi siswa lainnya. Peserta yang diterima melalui jalur SNMPTN 2021 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2021," papar Asep, Selasa (9/3/2021).


Dia mengungkapkan ada beberapa persyaratan SBMPTN, yakni memiliki akun di LTMPT, siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2021, atau lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019 dan 2020, atau lulusan paket C tahun 2019, 2020, dan 2021, bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah.

Selain itu, lanjut Asep, bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 harus memiliki ijazah, bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan dan mengikuti dan memiliki Nilai UTBK 2021.

"Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio. Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN," imbuh Asep.

Menurut Asep tahapan SBMPTN adalah, pendaftaran SBMPTN 2021 dilakukan melalui laman portal.ltmpt.ac.id. serta mengisi biodata (kecuali bagi yang sudah terdaftar di SNMPTN 2021) dan memilih PTN dan program studi dengan ketentuan pendaftar dapat memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN.

Mengunggah portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman download.ltmpt.ac.id. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2021.

Selain itu, kelompok program studi dan jumlah pilihan SBMPTN adalah, pertama program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.

Kedua, peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan. Ketiga, jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.

"Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian campuran. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Peserta SBMPTN 2021 dapat memilih program studi di PTN mana pun. Program studi, daya tampung per PTN tahun 2021, dan nilai UTBK per program studi PTN tahun 2020 dapat dilihat di laman ltmpt.ac.id.," paparnya.

Sementara itu, jadwal pelaksanaan SBMPTN adalah, registrasi akun LTPMT dari 7 Februari sampai 12 Maret 2021. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN mulai 15 Maret 2021 sampai 1 April 2021. Pelaksanaan UTBK Gelombang I dari tanggal 12 sampai 18 April 2021. Pelaksanaan UTBK Gelombang II dari tanggal 26 April sampai 2 Mei 2021 dan perkiraan pengumuman hasil seleksi SBMPTN tanggal 14 Juni 2021.

"Merujuk pada ketentuan LTPMT, kuota untuk jalur seleksi SBMPTN untuk PTN bh sebesar 30% dari kuota daya tampung setiap program studi. Berdasarkan hal tersebut, kuota untuk keseluruhan jalur seleksi SBMPTN UPI sebagai PTN BH yaitu sebanyak 4.561 peserta dari total daya tampung seluruh jalur seleksi sebanyak 10.115 peserta," jelas Asep.

Dia menambahkan portofolio pada pendaftaran SBMPTN khusus untuk pendaftar program studi bidang seni dan olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2021.

"Jenis portofolio SBMPTN 2021 adalah portofolio olahraga, portofolio seni rupa, desain, dan kriya, portofolio tari (termasuk sendratari/seni pertunjukan opsi tari), portofolio teater (termasuk sendratari/seni pertunjukan opsi teater/drama), portofolio musik (termasuk sendratari/seni pertunjukan opsi musik), portofolio seni karawitan, portofolio etnomusikologi, portofolio fotografi, portofolio film dan televisi, dan portofolio seni pedalangan. Apabila ada tambahan jenis portofolio akan diinformasikan melalui website resmi LTMPT," pungkasnya. (okky adiana)