Apple Buka Lowongan Kerja untuk Kembangkan 6G

Apple Buka Lowongan Kerja untuk Kembangkan 6G
istimewa



INILAH, San Francisco - Apple kabarnya tengah membuka lowongan kerja untuk mencari insinyur yang akan membantu mereka dalam pengembangan teknologi konektivitas nirkabel 6G.

Mengutip Phone Arena, Apple mengunggah daftar lowongan pekerjaan bagi insinyur penelitian sistem nirkabel untuk jaringan saat ini (5G) dan generasi mendatang (6G).

Lowongan kerja tersebut adalah untuk posisi di Silicon Valley dan San Diego, tempat di mana Apple bekerja merancang chip dan peningkatan teknologi nirkabel.


Lowongan kerja itu juga menyebutkan 6G secara khusus dan mencatat bahwa mereka yang dipekerjakan untuk posisi tersebut akan 'meneliti dan merancang sistem komunikasi nirkabel generasi berikutnya (6G) untuk jaringan akses radio' dan 'berpartisipasi dalam forum industri/ akademis yang bersemangat tentang teknologi 6G'.

Tertera juga bahwa pekerjaan itu sangatlah penting. "Anda akan memiliki kesempatan unik dan bermanfaat untuk membuat teknologi nirkabel generasi berikutnya yang akan berdampak besar pada produk Apple di masa depan."

Unggahan lowongan kerja tersebut juga mengatakan, "Dalam peran ini Anda akan menjadi pusat dari kelompok penelitian mutakhir yang bertanggung jawab untuk menciptakan teknologi akses radio yang mendisrupsi generasi berikutnya selama dekade berikutnya."

Apple baru saja merilis model iPhone berkemampuan 5G pertamanya pada akhir tahun lalu.

Raksasa teknologi asal AS ini telah mencoba untuk memindahkan desain komponen utama secara internal. Apple memang merancang chipset-nya sendiri yang digunakan pada iPhone dan iPad.

Apple juga mulai mengganti prosesor Intel yang digunakan pada sejumlah Mac dengan chipset M1 sendiri, berisi 16 miliar transistor. Sebagai gambaran, chipset A14 Bionic yang digunakan pada seri iPhone 12 memiliki 11,8 miliar transistor.

Dengan merancang chip modemnya sendiri, Apple tidak perlu khawatir tentang hubungan yang baik dengan pemasok chip-nya.

Teknologi 5G memungkinkan untuk mobil swakemudi. Akhir tahun lalu, Apple bahkan telah mengatakan akan merambah teknologi otomasi mobil swakemudi, menargetkan bisa memproduksi mobil dengan teknologi baterai terbaru pada 2024.

Sementara untuk 6G, ketika perusahaan teknologi duduk untuk membuat standar, dengan langkah tersebut Apple berniat untuk hadir di dalamnya.

Tahun lalu, Apple bergabung dengan aliansi yang mengerjakan standar 6G dan untuk layanan seluler generasi mendatang. Dan meski terlalu dini untuk merenungkan hal ini, spekulasi awal menyebut kecepatan unduh 6G menjadi 100 kali lebih cepat dari 5G. (inilah.com)