Dinas PUPR Kabupaten Cirebon Mulai Lakukan Pemeliharaan Jalan Rusak

Dinas PUPR Kabupaten Cirebon Mulai Lakukan Pemeliharaan Jalan Rusak
Foto: Maman Suharman



INILAH, Cirebon – Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cirebon mulai memperbaiki beberapa ruas jalan yang rusak. Kabid Pemeliharaan Jois Putra menyebutkan, sementara ini pemeliharaan ruas jalan baru dilakukan terhadap ruas jalan yang dalam kondisi darurat. Sedangkan, untuk  pemeliharaan secara rutin akan dilaksanakan sekitar Maret mendatang.

“Dari 564 ruas jalan kabupaten yang baru bisa dilakukan peliharaan baru 129 ruas saja. Yang berlubang kita tambal, dan ini juga baru dibuat rencana anggaran biayanya," kata Jois, Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, saat ini titik ruas jalan yang akan dilakukan pemeliharaan belum bisa dipastikan. Sebab, hal itu harus melibatkan petugas Dinas PUPR yang berada di unit pelaksana teknis (UPT). Dia berharap, pihaknya akan terus bekerja semaksimal mungkin memelihara ruas jalan yang ada di Kabupaten Cirebon. Sejauh ini,  pemeliharaan sementara yang telah dilakukan DPUPR bukan hanya di wilayah timur saja. 


“Wilayah barat dan yang lainnya juga kita lakukan pemeliharaan. Contohnya kan di  di Jalan Kaliwadas dan Kenanga. Ini supaya akses masyarakat bisa normal. Jadi semua ruas jalan yang ada saat ini terus kami pantau," jelasnya.

Bidang pemeliharaan sendiri, lanjutnya, hanya bertugas memelihara ruas jalan dalam kondisi baik, rusak ringan, dan sedang. Sedangkan, bagi jalan yang rusak berat, perbaikan ruas jalan tersebut dilakukan oleh bidang peningkatan jalan. Sedangkan masa pemeliharaan ruas jalan setelah ditingkatkan dan dilakukan PHO, selama 6 bulan masa pemeliharaannya masih menjadi tanggung jawab penyedia jasa konstruksi. 

Jois menambahkan, istilah lobang sewu pada ruas jalan Pabuaran-Jatiseeng, sepertinya akan di lakukan betonisasi. Tidak itu saja, ruas jalan Sindanglaut-Pabuaran, Kanci-Sindanglaut yang dibawah rel kereta, serta ruas jalan Buyut-Mayung akan dirigid beton.

“Nanti teknisnya ada di teman bina teknik dan bidang peningkatan jalan. Tapi, pak kadis sudah membuat skala prioritas ya. Intinya, kita ingin menjadikan jalan Kabupaten Cirebon menjadi lebih baik. Walaupun belum menyentuh kesemuanya, karena memang kita masih kekurangan anggaran, tukasnya. (Maman Suharman)