Persib Siap Jadi Tuan Rumah Turnamen Piala Menpora 2021

Persib Siap Jadi Tuan Rumah Turnamen Piala Menpora 2021
dok/inilahkoran



INILAH, Bandung - Turnamen pramusim sebagai ajang pemanasan sebelum Liga 1 2021 mengalami perubahan rencana. Terutama mengenai pembagian grup.

Semula, empat kota yang dipilih sebagai tuan rumah yaitu Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang. Sedangkanm alternatif kedua yang disiapkan antara lain Solo, Samarinda, Lampung, dan Palembang.

Kini, empat Kota yang dipilih menjadi tuan rumah adalah Solo, Bandung, Sleman, dan Malang. Sedangkan opsi kedua adalah Solo, Malang, Bandung, dan Palembang.


General Coordinator Panitia Pelaksana (Panpel) Persib Bandung Budi Bram Rachman menyatakan kesiapannya apabila timnya ditunjuk sebagai tuan rumah. Bahkan pihaknya siap menjalankan sekalipun beberapa persyaratan harus dilaksanakan. 

Sebab, dia memahami kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Bahkan beberapa wilayah di antaranya masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

"Kalau memang Bandung di tunjuk jadi tuan rumah, dan panpel diminta bantuan untuk turut serta, ya kita akan ikut. Nah, pasti kan nanti bakalan ada workshop lagi pembaharauan regulasi," kata Bram saat dihubungi, Kamis (18/2/2021). 

Meski demikian, Bram belum bisa memastikan Stadion mana yang akan digunakan untuk menjalani babak grup turnamen pramusim di Bandung tersebut. Yang pasti, lanjutnya, baik Stadion si Jalak Harupat maupun Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) kemungkinan bisa digunakan. 

"Kalau itu saya tidak bisa menentukan karena turnamen itu kan ada beberapa tim yah. Kalau misalkan itu, saya kembali lagi ke manajemen saja, kalau mau di GBLA ya harus dipersiapkan juga, Jalak juga seperti itu," jelasnya. 

Bram percaya diri, kedua Stadion tersebut bisa digunakan untuk ajang turnamen yang kabarnya bertajuk Piala Menpora 2021 ini. Terlebih, sejauh ini kedua Stadion tersebut terpelihara dengan baik. 

"Ya pasti kan GBLA dan SJH tetap masih terpelihara tidak dibiarkan begitu saja kelihatannya," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)

Berikut rencana pembagian grup Piala Menpora 2021: 
Skema 1
Grup A (Solo): Bali United, PSM Makassar, Bhayangkara Solo FC, Persita Tangerang, Persela Lamongan.
Grup B (Bandung): Persib Bandung, Madura United, Borneo FC, Persik Kediri, Persebaya Surabaya.
Grup C (Sleman): Persija Jakarta, PSS Sleman, Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan.
Grup D (Malang): Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, Tira-Persikabo, Sriwijaya FC.

Skema 2
Grup A (Solo): Persija Jakarta, PSIS Semarang, Bhayangkara Solo FC, Tira-Kabo, Bali United.
Grup B (Malang): Arema FC, PSS Sleman, Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan.
Grup C (Bandung): Persib Bandung, PSM Makassar, Borneo FC, Persik Kediri, Madura United.
Grup D (Palembang): Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Barito Putera, Persita Tangerang, Sriwijaya FC