Preview Barcelona vs PSG, Final Awal!

Preview Barcelona vs PSG,  Final Awal!
Ilustrasi/Net



 

DUEL Barcelona kontra Paris Saint Germain di babak 16 besar Liga Champions bak 'final kepagian'. Yang lolos, diyakini akan melaju jauh.

Ronald Koeman kini percaya diri Los Azulgrana memetik hasil manis dalam duel leg pertama kontra raksasa Prancis, itu di Camp Nou, Rabu (17/2) dini hari WIB. Performa timnya sedang konsisten di pentas domestik.


Barcelona hanya sekali kalah dalam liga laga terakhirnya. Mereka dibungkam Sevilla di ajang Copa del Rey, 11 Februari lalu. Sisanya, Lionel Messi dan kawan-kawan mampu meraup hasil sempurna.

Terakhir, Los Azulgrana pesta gol 5-1 kontra Alaves di ajang La Liga. Dalam laga itu, tergambar jelas bagaimana kombinasi para pemain veteran dengan pemain muda mulai berbuah hasil manis.

Dalam kemenangan atas Alaves itu, Lionel Messi dan Francisco Triancao masing-masing mencetak dua gol. Satu gol diciptakan Junior Firpo.

"Tim ini bekerja dengan baik. Kami yakin akan mampu memenangkan pertandingan (melawan PSG), setelah tahu bahwa kami bermain dengan baik melawan tim dengan pertahanan yang kuat (di Alaves)," kata Koeman.

Yang mungkin bikin Koeman makin percaya diri, adalah situasi sulit yang dialami PSG. Ya, skuat besutan Mauricio Pochettino takkan diperkuat beberapa penggawa inti termasuk Neymar dan Angel di Maria.

Tapi Koeman ogah menilai itu sebagai keuntungan buat timnya. "Mereka mengalami cedera, tapi kami juga. Jadi seimbang. Kami harus bermain bagus untuk lolos."

Koeman sudah tentu sangat berharap Messi tampil trengginas di laga ini. Terbukti, Messi memang masih jadi pemain yang paling krusial di tim asal Catalan itu.

Dua gol ke gawang Alaves membuat jumlah koleksi gol Messi mendekati penyerang Atletico Madrid, Luis Suarez. Kini hanya selisih satu gol dari bekas rekannya di Barcelona yang berada di urutan teratas top skor Liga Spanyol dengan 16 gol.

"Messi sangat penting," ucap pelatih asal Belanda itu. "Dia dalam performa fantastis. Dia sangat fokus, senang, dan efektif. Dengan dia segalanya menjadi lebih mudah."

Sementara itu Pelatih PSG Mauricio Pochettino mengaku sudah menemukan strategi terbaik untuk menaklukkan Barcelona meski tanpa diperkuat sang megabintang Neymar. Seperti diketahui, Neymar yang juga merupakan eks pemain Barcelona dipastikan absen di laga ini karena cedera.

"Tentu saja kami membutuhkan beberapa susunan tim dan gagasan yang jelas tentang bagaimana menyerang dan bagaimana menghentikan Barcelona dengan cara menyerang kami," kata Pochettino kepada UEFA.com.

"Tapi kami selalu percaya pada para pemain untuk melakukan pekerjaan mereka dan melakukan cara terbaik dan mendapatkan hasil yang positif."

Pochettino mengaku begitu mewaspadai Barcelona yang akhir-akhir ini mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya.

"Saya telah melihat seluruh evolusi Barcelona, pertama dari rumah saya di London, dan ketika Ronald mengambil alih. Jelas bahwa tim bergerak ke tahap yang berbeda, ke babak yang berbeda. Begitu Ronald masuk, dia mulai bekerja untuk mendapatkan performa terbaik dari timnya," ungkap pria asal Argentina ini.

Terakhir, Pochettino menjamin duel melawan Barcelona akan benar-benar seru. Dia menyebut kedua tim punya kapasitas mumpuni untuk merajai panggung Liga Champions.

"Saya melihat tim yang solid dengan beberapa ide yang jelas dan pemain sepak bola yang luar biasa. Mereka adalah tim yang tahu cara bersaing, tim yang dibangun untuk menang. Pola pikir mereka dibangun untuk menang seperti klub-klub besar, seperti PSG, yang juga merupakan tim yang ingin bersaing dan menang," tandasnya.

Kylian Mbappe diperkirakan akan menjadi ujung tombak serangan PSG saat mereka absen. Ia akan bertandem bersama Mauro Icardi, Moise Kean, Julian Draxler dan Pablo Sarabia yang kemungkinan menjadi starter. (bsf)

HEAD TO HEAD

09-03-2017 Barcelona 6-1 PSG (UCL)

15-02-2017 PSG 4-0 Barcelona (UCL)

22-04-2015 Barcelona 2-0 PSG (UCL)

16-04-2015 PSG 1-3 Barcelona (UCL)

11-12-2014 Barcelona 3-1 PSG (UCL)

 

LIMA LAGA TERAKHIR BARCELONA

01-02-21 Barcelona 2-1 Bilbao (La Liga)

04-02-21 Granada 3-5 Barcelona (Copa del Rey)

08-02-21 Betis 2-3 Barcelona (La Liga)

11-02-21 Sevilla 2-0 Barcelona (Copa del Rey)

14-02-21 Barcelona 5-1 Alaves (La Liga)

 

LIMA LAGA TERAKHIR PSG

31-01-21 Lorient 3-2 PSG (Ligue 1)

04-02-21 PSG 3-0 Nimes (Ligue 1)

08-02-21 Marseille 0-2 PSG (Ligue 1)

11-02-21 Caen 0-1 PSG (Coupe de France)

13-02-21 PSG 2-1 Nice (Ligue 1)

 

PRAKIRAAN PEMAIN

Barcelona (4-3-3):

Ter Stegen; Alba, Lenglet, De Jong, Mingueza; Pedri, Busquets, Pjanic; Griezmann, Messi, Dembele.

Pelatih: Ronald Koeman.

PSG (4-2-3-1):

Navas; Kurzawa, Kimpembe, Marquinhos, Florenzi; Gueye, Paredes; Mbappe, Verratti, Kean; Icardi.

Pelatih: Mauricio Pochettino