Apple Watch Series 7 Akan Bisa Ukur Glukosa Darah

Apple Watch Series 7 Akan Bisa Ukur Glukosa Darah
istimewa



INILAH,  San Francisco - Apple Watch Series 7 yang akan meluncur akhir tahun ini dikabarkan bakal membawa sejumlah fitur baru terkait kesehatan, termasuk kemampuan mengukur glukosa darah yang akan bermanfaat bagi penderita diabetes.

Phone Arena melaporkan, Apple telah mengajukan paten atas teknologi yang akan digunakan untuk memantau gula darah pengguna Apple Watch, bahkan tanpa mengambil sampel darah seperti yang lazim dilakukan saat ini.

File paten yang diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) menjelaskan bahwa Apple berencana menggunakan spektoskopi untuk mendapatkan pembacaan gula darah non-invasif.


Apple menggunakan radiasi elektromagnetik terahertz untuk mendeteksi 'gas, kesehatan/kualitas bahan cair atau padat'.

Namun, terdapat beberapa masalah di dalamnya. Apple mengatakan bahwa 'mengintegrasikan sensor gas pada perangkat elektronik membutuhkan bukaan untuk memungkinkan udara mengalir ke sensor gas sehingga gas dapat dideteksi'.

Bukaan tersebut digunakan untuk memungkinkan aliran udara dapat mengurangi perlindungan perangkat dari air. Selain itu, pembacaan gula darah harus akurat.

Sistem yang dibayangkan oleh Apple akan dapat terus memantau kadar glukosa darah penderita diabetes, tetapi tidak dengan akurasi untuk pasien rumah sakit.

Dengan membawa teknologi ukur glukosa darah non-invasif ke Apple Watch, baterai perangkat dapat habis lebih cepat dari biasanya. Harga jual smartwatch tersebut juga bisa saja naik.

Teknologi yang dibahas dalam pengajuan paten tersebut juga dapat digunakan untuk mendeteksi kanker kulit dan masalah kulit lainnya.

Pesaing utama Apple, Samsung, juga dikabarkan siap menyertakan fitur monitor glukosa darah non-invasif pada jam tangan pintar milik mereka selanjutnya yang diharapkan akan dirilis pada akhir tahun ini. Masih belum diketahui apakah Samsung akan menggunakan teknologi yang sama dengan Apple untuk sistemnya itu. (inilah.com)