Liga Jerman: Dortmund Hindari Kekalahan Saat Menjamu Hoffenheim

Liga Jerman: Dortmund Hindari Kekalahan Saat Menjamu Hoffenheim
Ilustrasi (antara)



INILAH, Bandung - Erling Haaland mengemas gol penting untuk menghindarkan Borussia Dortmund dari kekalahan saat menjamu Hoffenheim, pada pertandingan Liga Jerman yang berakhir imbang 2-2 di Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu.

Tambahan satu poin belum mendongkrak Dortmund dari posisi sebelumnya. Mereka tetap menghuni posisi keenam, kali ini dengan 33 poin, sedangkan Hoffenheim juga tetap berada di posisi ke-12 dengan 23 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Setelah awal pertandingan yang berlangsung sengit dan diwarnai sejumlah peluang, Dortmund akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-24 saat Raphael Guerreiro mengirim bola kepada Jadon Sancho di sisi kiri, dan pemain Inggris itu mampu menaklukkan kiper Oliver Baumann.


Hoffenheim tidak memerlukan waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-31, melalui serangan balik, Sebastian Rudy mengirim bola kepada Munas Dabbur untuk dikonversi menjadi gol balasan.

Memasuki menit ke-51, tim tamu Hoffenheim berbalik memimpin. Dari situasi tendangan sudut, bola sepakan Rudy kemudian dapat disambut tandukan Ihlas Bebou untuk menembus gawang Marwin Hitz.

Haaland memiliki dua peluang bagus yang gagal berujung gol pada babak kedua, namun ia tidak menyia-nyiakan peluang pada menit ke-81 saat ia menyambar bola liar untuk memaksa kiper Baumann mengambil bola dari dalam gawang untuk kedua kalinya.

Leverkusen juga ditahan imbang 2-2

Bayer Leverkusen juga ditahan imbang 2-2 oleh tamunya, Mainz 05, saat memainkan pertandingan pada saat yang bersamaan.

Hasil imbang itu untuk sementara mendongkrak Leverkusen naik ke posisi keempat dengan 36 poin, sedangkan Mainz tertahan di posisi ke-17 dengan 14 poin.

Permainan menyerang yang diterapkan Leverkusen sejak awal menuai hasil pada menit ke-14. Setelah Moussa Diaby mengecoh pengawalnya, pemain sayap Prancis itu bergerak cepat di sayap kiri dan mengirimkan umpan silang mendatar untuk disambar Lucas Alario.

Gol-gol sisanya baru tercipta pada fase akhir pertandingan. Pada menit ke-84, Patrick Schick membawa Leverkusen unggul dua gol saat ia mengecoh seorang pengawalnya, untuk kemudian melepaskan tembakan mendatar melewati sela-sela kaki Robin Zentner.

Rasa lega tuan rumah tidak bertahan lama. Robert Glatzel memperkecil ketertinggalan Mainz pada menit ke-89 saat ia memaksimalkan assist Moussa Niakhate. Saat waktu sudah menunjukkan menit ke-94, Sven Bender secara tidak sengaja mengoperkan bola kepada Kevin Stoeger yang lantas melepaskan sepakan jarak dekat berbuah gol penyama kedudukan bagi Mainz.

Hasil imbang juga terjadi pada dua pertandingan Liga Jerman lainnya, yang dimainkan dalam waktu bersamaan. VfB Stuttgart ditahan imbang 1-1 oleh Hertha Berlin, sedangkan Werder Bremen bermain imbang tanpa gol dengan tamunya Freiburg.

Pada pertandingan yang dimainkan di Mercedes Benz Arena, Stuttgart, tuan rumah unggul terlebih dahulu melalui gol Sasa Kalajdzic pada menit ke-45. Sebelum Luca Netz menyamakan kedudukan untuk Hertha melalui golnya pada menit ke-82.

Tambahan satu poin untuk Stuttgart dan Hertha tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen sementara. Stuttgart tetap berada di posisi kesepuluh dengan 26 poin, sedangkan Hertha di posisi ke-15 dengan 18 poin.

Situasi serupa dialami Bremen dan Freiburg. Bremen tetap bercokol di posisi ke-11 dengan 23 poin sedangkan Freiburg di posisi kedelapan dengan 31 poin. (antara)