Kemendes Gandeng Kemendagri dan Kemdikbud Perkuat Kapasitas SDM

Kemendes Gandeng Kemendagri dan Kemdikbud Perkuat Kapasitas SDM
Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid. (Antara Foto)



INILAH, Jakarta- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggandeng Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk memperkuat kapasitas SDM melalui pengukuhan Pengurus Forum Perguruan Tinggi untuk Desa (Pertides).

"Kegiatan yang digelar Kemendes PDTT ini dalam rangka menyambut baik Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Kemendikbud yang di dalamnya terdapat Proyek Desa yaitu peningkatan kapasitas SDM pedesaan," kata Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid melalui keterangan pers Kemendes yang diperoleh di Jakarta, Selasa (9/2).

Kegiatan pengukuhan Pengurus Forum Pertides tersebut digelar pada Selasa (9/2). Sedangkan kegiatan lain berupa Penandatangan Kesepahaman Bersama 3 Menteri akan digelar pada Rabu (10/2) di Hotel Bidakara Jakarta. Selain itu, ada acara Penandatanganan Kesepahaman Bersama 5 Perguruan Tinggi di Kantor Kemendes PDTT di Jakarta.


Penandatangan Kesepahaman Bersama 3 Menteri antara Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dengan Mendagri Tito Karnavian dan Mendikbud Nadiem Makarim adalah tentang Kesinergian Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa, serta Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal dan Kawasan Transmigrasi.

Sementara itu, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, kata Taufik, memberikan ruang kepada civitas untuk mendukung pembangunan desa dengan mengoptimalkan potensi-potensi desa, khususnya di bidang pembangunan SDM unggul.

Selain itu, dalam rangka percepatan pembangunan SDM unggul, Taufik menilai perlu juga inisiasi afirmasi pendidikan tinggi bagi kepala desa, perangkat desa, BPD dan Pendamping Desa sebagai upaya mendorong pencapaian 18 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) tingkat desa atau dikenal SDGs Desa.

"Oleh karena itu, digagaslah kedua kegiatan ini guna menguatkan sinergi perguruan tinggi dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta membangun komitmen bersama dalam peningkatan kapasitas SDM Desa," kata Taufik.

Sementara itu, sebelumnya Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri mengatakan bahwa desa merupakan kunci kesuksesan pembangunan Indonesia. SDM unggul di Indonesia kuncinya ada di desa.

Untuk itu, peningkatan kapasitas kepala desa dan perangkatnya menjadi hal yang strategis dan harus direalisasikan.

Adapun proses koordinasi antarkementerian telah berlangsung sejak November 2020 dan telah berhasil menyusun berbagai detil program yang pada akhirnya telah disepakati dan akhirnya tertuang pada MoU Kesinergian Program Pembinaan Penyelenggaraan Desa, serta Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, dan Kawasan Transmigrasi.