Jadi Aset Pemprov, Komisi I Tinjau Situ Cikaret Cibinong

Jadi Aset Pemprov, Komisi I Tinjau Situ Cikaret Cibinong



INILAH, Bandung – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat meninjau kondisi fisik Situ Cikaret, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, yang menjadi salah satu aset milik pemerintah provinsi.

Ketua Komisi I Bedi Budiman mengatakan, lokasi Situ Cikaret cukup strategis untuk dikelola menjadi salah satu obyek wisata unggulan daerah. Selain itu bermanfaat dalam konservasi pengadaan air bagi irigasi lahan pertanian, maupun rumah tangga.

“Aset-aset seperti ini banyak di Jawa Barat. Ini termasuk kategori konservasi yang bisa juga ditingkatkan menjadi obyek wisata,” ujar Bedi di sela-sela kunjungan, Senin (8/2/2021).


Dia berharap usai kunjungan ini, Pemprov dapat segera mengambil langkah cepat mengenai beberapa permasalahan terkait Situ Cikaret. Salah satunya dan yang paling vital, kata Bedi, adalah legalitas kepemilikan lahan yang harus segera dipastikan statusnya dan dikelola dengan baik.

“Pertama terkait legalitas, yaitu sertifikat kepemilikan. Kemudian perlu adanya tata kelola yang jelas, terencana dan terstruktur,” ucapnya. (Yuliantono)