Katulampa Bergelora, Bogor dan Jakarta Kudu Waspada

Katulampa Bergelora, Bogor dan Jakarta Kudu Waspada



INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengingatkan masyarakat Kota Bogor yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung agar waspada dan untuk kelurahan siaga bencana bersiap-siap dimusim hujan ini.

Hal itu diungkapkan Bima saat mengecek tinggi muka air (TMA) di Bendung Katulampa Bogor yang meningkat menjadi siaga 3 pada Minggu (7/2/2021) pagi. Diketahui penyebab meningkatnya TMA Katulampa adalah hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak Bogor sejak malam hingga menjelang pagi. Petugas mencatat, TMA di Bendung Katulampa Bogor mencapai 130 centimeter.

"Untuk warga Kampung Bebek, Kecamatan Bogor Utara, kelurahan siaga, agar bersiap. Hindari dahulu daerah bantaran sungai Ciliwung yang sedang siaga 3," ungkap Bima kepada wartawan.


Sementara itu, Koordinator Satuan Unit Pelaksana Ciliwung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, TMA Bendung Katulampa Bogor dilaporkan mencapai 130 centimeter pada pukul 07.00 WIB, kemudian kembali turun ke 120 centimeter pada pukul 08.00 WIB. Akan tetapi statusnya masih sama, siaga 3. Luapan sungai ciliwung akan tiba di Ibu Kota Jakarta sekitar 8 sampai 12 jam ke depan, dirinya meminta warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung atau wilayah yang kerap terdampak oleh luapan sungai ciliwung untuk tetap waspada.

"Debit air yang ke Jakarta melalui sungai Ciliwung itu tidak cuma dari kawasan Puncak sebagai hulu Ciliwung, bisa saja debit air bertambah dari kawasan tengah seperti Kabupaten Bogor dan Depok," ungkap Andi pada Minggu (7/2/2021) pagi.

Sementara itu, cuaca di kawasan Puncak yang menjadi hulu sungai Ciliwung hingga saat ini masih diguyur hujan. "Saat ini kondisi di kawasan Puncak masih hujan," tambahan.

Terpisah, Lurah Katulampa Dicky Iman Nugraha mengatakan, bahwa pagi hari TMA Bendungan Katulampa memang sempat siaga 3 dengan ketinggian 130 centimeter, akan tetapi pukul 11.30 WIB ketingian sudah turun 70 centimeter dengan status siaga IV.

"Akan tetapi, intinya masyarakat harus selalu siaga. Ya, berhati-hati bagi yang tinggal dibantaran sungai," tuturnya.

Informasi yang diterima, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Bogor dan sekitarnya diprediksi masih diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai siang hari. Hujan dengan intensitas ringan juga diprediksi terjadi di malam hari. Suhu udara saat ini berkisar 17 sampai 25 derajat celsius dengan kelembaban udara 80 sampai 100 persen dengan kecepatan angin 5 sampai 30 kilometer per jam.