Yana Ajak Pesepeda Tertib Berlalu Lintas dan Patuhi Protokol Kesehatan

Yana Ajak Pesepeda Tertib Berlalu Lintas dan Patuhi Protokol Kesehatan
Foto: Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengajak pesepeda memahami etika dan aturan bersepeda. Tak hanya diri sendiri, tertib berlalu lintas ikut menjaga keselamatan orang lain. 

"Pengguna ruang jalan, dan lalu lintas tidak hanya kita para pesepeda. Mari berbagi ruang bersama pengguna lain," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jumat (5/2/2021). 

Menurutnya, taat aturan bersepeda adalah ikut mematuhi rambu lalu lintas. Diantaranya berhenti di lampu lalu lintas saat menyala merah, berhenti di stop line dan memprioritaskan difabel serta pejalan kaki. 


"Yang terpenting jangan melawan arus lalu lintas, dan juga menerapkan protokol kesehatan, dan tidak memaksakan diri di luar kemampuan. Mari kita mengukur kemampuan fisik kita," ucapnya. 

Selain hal itu, dia pun mengajak pesepeda untuk menyebarkan halal positif melalui media sosial. Khususnya tentang pentingnya menaati aturan ketika melakukan kegiatan bersepeda. 

"Edukasi ini penting, agar para pengendara sepeda dapat berolahraga dengan aman dan nyaman, begitu juga pengguna lalu lintas lainnya. Mari saling berbagi dan menyampaikan kebaikan," ujar dia. 

Yana menambahkan, banyak hal positif yang didapat dengan bersepeda. Di antaranya turut berpartisipasi dalam menciptakan kualitas udara yang lebih baik, dan mengurangi kemacetan lalu lintas. 

"Mengubah budaya masyarakat, dari awalnya rekreasi saja, menjadi sebuah budaya. Misalnya ke kantor atau ke warung naik sepeda saja. Dampak lingkungannya terasa jika polusi dan kemacetan berkurang," tandasnya. (Yogo Triastopo)