Burhanudin Buka Alasan Tarik Uang Loyalitas Rp200 Juta dari RY

Burhanudin Buka Alasan Tarik Uang Loyalitas Rp200 Juta dari RY
Foto: INILAH/Bambang Prasethyo



INILAH, Bandung – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin rupanya pernah berkunjung ke Lapas Sukamiskin mengunjungi Rachmat Yasin. Tak hanya itu, dia pun menerima sejumlah uang pengembalian dari istri mantan Bupati Bogor tersebut.

Hal itu terungkap dalam sidang lanjutan kasus dugaan gratifikasi dengan terdakwa mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan RE Martadinata, Senin (1/2/2021).

Selain Burhanudin, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK juga menhadirkan empat orang saksi lainnya, mereka yakni, Rahmat Surjana, Mohamad Hapis, Yusuf Sadeli, dan Hertin Wihartini.


Di persidangan, Burhanudin mengaku uang sekitar Rp200 juta diberikan oleh istri Rachmat Yasin saat dirinya berkunjung ke Lapas Sukamiskin. Uang iu diberikan terkait keterangannya di berita acara pemeriksaan (BAP) KPK.

“Waktunya lupa lagi, tapi saya ke Lapas Sukamiskin setelah beliau divonis (kasus alih fungsi lahan),” katanya menanggapi pertanyaan jaksa.

Ia menyebutkan, uang tersebut meruipakan pemberian dirinya kepada terdakwa saat dirinya masih menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Bogor. 

Dia mengaku mau menerima pengembalian uang tersebut lantaran untuk kebutuhan anak sekolah dan orang tuanya baru meninggal.

Burhanudin mengaku memberikan uang tersebut tidak atas permintaan terdakwa, namun sebagai bentuk loyalitas dirinya kepada bupati. Terlebih bupati banyak kegiatan yang membutuhkan dana operasional cukup besar.

“Saya ingin meringankan beban beliau. Kalau saya tidak berikan, sementara kadis lain ngasih, saya takut dianggap tidak loyal,” ujarnya.  (ahmad sayuti)