Ternyata, Messi Atlet Kontrak Terbesar Dunia, Ini Daftarnya

Ternyata, Messi Atlet Kontrak Terbesar Dunia, Ini Daftarnya



INILAH, Barcelona - Kontrak Lionel Messi yang terbongkar dan jadi isu hangat, tak juga berhenti. Dengan megakontrak itu, ternyata Lionel Messi bukan saja pemain bola dengan nilai kontrak tertinggi, tapi juga atlet dengan kontrak terbesar.

Kontrak Lionel Messi senilai 492 juta pound itu tak tertandingi oleh atlet manapun. Di jajaran 10 besar atlet dengan kontrak terbesar, Lionel Messi bertengger di posisi pertama. Hanya dua pemain bola yang masuk 10 besar. Satu lainnya bukan Cristiano Ronaldo, melainkan Neymar.

1.Lionel Messi - Rp9,5 triliun


Lionel Messi mencoba hengkang dari Barcelona musim panas lalu dengan berupaya memanfaatkan klausul kontrak yang membuatnya bisa pergi dengan bebas. Tapi, setelah mendapatkan ancaman hukuman, dia secara dramatis berbalik dan siap menyelesaikan sisa kontraknya.

Meski begitu, dia diperkirakan akan meninggalkan Barcelona setelah 20 tahun membela klub tersebut. Paris St Germain dan Manchester City termasuk dua klub yang bernafsu menggaet pria yang enam kali terpilih sebagai pemain terbaik dunia itu.

Pada Desember lalu, Messi mengakui dia masih belum tahu apa yang akan dia lakukan pada akhir musim kompetisi ini.

Dengan durasi kontrak empat tahun, Lionel Messi menerima 123 juta pound setahun. Kalau dirupiahkan, Rp2,42 triliun setiap tahun.

2.Patrick Mahomes - Rp7,9 triliun

Bintang American football, Mahomes (25) menandatangani perpanjangan kontrak 10 tahun senilai 402 juta pound untuk bertahan bersama Kansas City Chiefs.

Kontrak tersebut setara dengan 40,2 juta pound setahun, juga termasuk jaminan dari cedera senilai 112 juta pound.

3.Mike Trout - Rp6,7 triliun

Bintang bisbol Los Angeles Angels, Mike Trout, menandatangani kontrak senilai 341 juta pound. Dia adalah pemain yang delapan kali masuk All Stars MLB.

Tiga kali pemain terbaik Liga Amerika itu membawa pulang kontrak luar biasa senilai 28,3 juta pound dengan masa kontrak 12 tahun.

4.Canelo Alvarez - Rp5,74 triliun

Kontrak ini terjadi saat petinju Meksiko itu menandatangani perjanjian 11 pertarungan dengan DAZN pada 2018. Juara dunia di empat kelas yang kini berusia 30 tahun itu rata-rata menerima 26,5 juta pound di setiap pertarungan.

Tapi, dia kemudian melepaskan kontrak itu pada November 2020 setelah menggugar Golden Boy Promotions milik Oscar De La Hoya dan DAZN karena gagal di ring.

5.Neymar - Rp5,4 triliun

Mantan rekan seklub Lionel Messi di Barcelona, Neymar, jadi pemain sepak bola lainnya yang masuk dalam daftar ini.

Menyusul perpindahannya senilai 198 juta pound ke Paris St Germain, pemain Brasil berusia 28 tahun itu menerima kontrak lima tahun. Nilainya 278 juta pound atau setara dengan 55,6 juta pound setiap tahun.

6.Bryce Harper - Rp5,19 triliun

Pada Maret 2019, pemain sektor kanan bisbol ini menandatangani kontrak 13 tahun bersama Philadelphia. Nilainya 264 juta pound.

Saat itu, kontraknya merupakan yang terbesar dalam sejarah bisbol. Dengan kontrak tersebut, bintang Amerika itu menerima 20,3 juta pound setiap tahun.

7.Giancarlo Stanton - Rp5,11 triliun

Pemain Miami Marlins, Stanton (31), tak tergantikan ketika klub tersebut menawarkan kontrak berdurasi 13 tahun senilai 260 juta pound, enam tahun lalu.

Tapi, bintang MLB ini tak menyelesaikan kontrak senilai 20 juta pound setiap tahun itu di klub tersebut. Dia memilih bergabung dengan New York Yankess pada 2017.

8.Geritt Cole - Rp5,07 triliun

Geritt Cole didapatkan new York Yankees pada 2019, ketika dia masih berstatus pemain bebas, setelah meninggalkan Houston Astros.

Di New York Yankees, dia menerima kontrak sembilan tahun senilai 258 juta pound. Itu artinya dia mendapatkan 28,6 juta pound setiap tahun.

9.Manny Machado - Rp4,68 triliun

Setelah meninggalkan LA Dodgers, lima kali all stars MLB ini diincarkan Padres dan Chicaho White Sox.

Tapi, Padres yang berhasil merebut pemain bisbol berusia 28 tahun ini. Dia menandatangani kontrak 10 tahun senilai 238 juta pound atau 23,8 juta pound setiap tahun.

10.Nolan Arenado - Rp4,07 triliun

Nolan Arenado mengantoni kontrak 25,8 juta pound setiap tahun saat dia menandatangani perpanjangan kontrak dengan Colorado Rockies.

Perpanjangan kontrak delapan tahun itu membuat pemenang tujuh kali sarung emas itu menjadi salah seorang penerima penghasilan tertinggi di MLB.