Krisis Bek Liverpool Makin Gawat, Matip Ikutan Cedera

Krisis Bek Liverpool Makin Gawat, Matip Ikutan Cedera
Ilustrasi/Antara Foto



INILAH, Jakarta- Krisis bek tengah Liverpool semakin parah setelah pelatih Jurgen Klopp mengonfirmasi bahwa Joel Matip mengalami cedera ligamen pergelangan kaki saat mereka menang atas Tottenham.

Mantan pemain timnas Kamerun itu harus diganti pada babak pertama saat The Reds menang 3-1 dalam lanjutan liga Inggris pada Jumat (29/1) di Tottenham Hotspurs Stadium.

Usai pertandingan, Klopp kemudian mengungkapkan bahwa masalah cedera yang dialami Matip tampaknya serius.

"Ligamen pergelangan kaki," katanya kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers yang dikutip Goal.

Bek berusia 29 tahun itu akan menjalani pemindaian untuk menentukan seberapa parah cederanya, tetapi perkiraan awal memperlihatkan bahwa masalah Matip cukup serius.

Kondisi ini disebut oleh Klopp sebagai "situasi yang luar biasa," dengan ketiga bek tengah senior mereka absen, dan Fabinho juga mengalami masalah.

Pemain Brasil itu melewatkan pertandingan di Spurs dengan klub mengungkapkan bahwa ia mengalami "masalah otot kecil" dan sebagai hasilnya ia diragukan tampil saat The Reds bertandang ke West Ham Minggu malam WIB.

Posisi alami Fabinho adalah di lini tengah, tetapi Klopp terkadang menempatkannya di jantung pertahanan bila ia kehabisan opsi pemain belakang.

Selain Fabinho, pelatih asal Jerman tersebut juga bisa memainkan kaptennya Jordan Henderson kembali ke lini pertahanan.

Henderson sempat bermitra dengan Matip di babak pertama dan Nat Phillips di babak kedua saat mengalahkan Spurs. Musim ini Liverpool telah memainkan 11 kombinasi bek berbeda.

Usai pertandingan, Klopp ditanya tentang usaha Liverpool untuk mengatasi krisis ini di bursa transfer Januari.

"Kami memikirkan segalanya, seperti yang bisa Anda bayangkan... Kami memikirkan segalanya sepanjang waktu," kata Klopp.

“Kami mencoba melakukan hal yang benar dan kami harus melakukan hal yang benar. Saya tidak pilih-pilih, tetapi kami harus menemukan pemain yang tepat... Kami masih memiliki pemain, tetapi luar biasa apa yang terjadi di pertahanan."

Liverpool berhasil memecahkan catatan lima pertandingan liga tanpa kemenangan mereka dengan penampilan dominan di London utara.

Roberto Firmino, Trent Alexander-Arnold dan Sadio Mane masing-masing mencetak gol bagi Liverpool di laga tersebut.

Kemenangan tersebut membuat mereka naik ke urutan keempat dalam klasemen sementara Liga Premier Inggris, empat poin di belakang pemuncak klasemen Manchester City.