Asyik, Teras Cihampelas Segera Diaktifkan

Asyik, Teras Cihampelas Segera Diaktifkan
Istimewa



INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berkomitmen untuk mengaktivasi kegiatan di Teras Cihampelas atau yang dikenal dengan nama Skywalk Cihampelas melalui konsep baru yang lebih juara. 

Salah satunya adalah membuat jalur khusus di Teras Cihampelas. Selain itu, akan ada sisi kesenian yang akan di suguhkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung. 

"Kita coba aktivasi Skywalk tahap pertama. Mudah-mudahan dengan aktivasi kegiatan lewat seni atau budaya jadi tertarik kembali orang-orang berkegiatan di sini," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat berkunjung ke Teras Cihampelas, Kamis (28/1/2021).


Khusus jalur sepeda, dia berharap, Teras Cihampelas menjadi destinasi baru pesepeda untuk sekadar bersantai dan sarapan. "Kita punya niat untuk mengaktivasi kawasan ini. Karena assetnya luar biasa bagus," ucapnya. 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Bandung Atet Dedi Handiman mengatakan, Pemkot Bandung berencana menggaet pihak ketiga untuk bisa terlibat dalam penataan kembali Teras Cihampelas.

"Kita ingin Teras Cihampelas bisa akembali menjadi dratinasi wisata dan menghidupak perekonomian. Dari aspek pembiayaan tersedia. Selain itu kita cari juga pihak ketiga agar bisa terlibat dalam penataan ini," kata Atet. 

Menurutnya, saat ini sekitar 50 persen pedagang kaki lima (PKL) yang dahulu berjualan di Teras Cihampelas terpaksa gulung tikar karena pandemi Covid-19. Kios-kios PKL pun banyak yang berkarat dan tidak layak pakai.

"Kiosnya sudah terlalu lama tidak dipakai, kehujanan, bocor. Misalnya penggantian kios atau ditutup policarbonate. Mudah-mudahan dengan pak wakil ke sini, APBD bisa mendukung perbaikan di Teras Cihampelas," ucapnya. 

Sementara dari segi pariwsata, Kepala Disbudpar Kota Bandung, Kenny Dewi Kania Sari mengatakan, akan mencoba membuat konsep atraksi dari segi kebudayaan, seni, dan ekonomi kreatif agar lebih menarik.

"Tidak hanya transaksi dagang, tapi atraksi versi pariwisata belanja, seni budaya, ekonomi kreatif. Pengelolaannya oleh kami (Disbudpar), kita gilir potensi yang ada di Kota Bandung," kata Kenny. (Yogo Triastopo)