Brighton Buru Kemenangan Kandang Perdana Saat Jamu Fulham

Brighton Buru Kemenangan Kandang Perdana Saat Jamu Fulham
Manajer Brighton & Hove Albion, Graham Potter. (antara)



INILAH, Bandung - Brighton & Hove Albion masih memburu kemenangan kandang perdana mereka di Liga Inggris musim ini saat akan menjamu Fulham dalam laga pekan ke-20 di Stadion Amex pada Rabu (27/1) waktu setempat (Kamis WIB).

Pasalnya, manajer Graham Potter mengaku ia sadar akan anggapan umum bahwa performa bagus di kandang bakal banyak membantu sebuah tim.

Brighton musim ini sudah memetik tiga kemenangan di Liga Inggris, yang semuanya mereka raih dalam laga tandang yakni di markas Newcastle United, Aston Villa dan Leeds United.


Hal itu berbanding terbalik dari performa sembilan laga kandang Brighton musim ini yang masih nirmenang dan empat di antaranya berakhir dengan kekalahan.

"Performa tandang kami memang sedang bagus. Bahkan di paruh akhir musim kemarin kami juga jarang menang di kandang, tetapi hasil tandang cukup membantu kami meraih koleksi akhir 41 poin," kata Potter dalam komentar pralaga dilansir laman resmi Brighton.

"Semua orang pasti setuju bahwa memenangi laga-laga kandang akan memudahkan keadaan. Tetapi sebagaimana Anda tahu musim ini tak ada bedanya kandang maupun tandang, sebab tidak ada penonton di tribun stadion."

"Kami hanya perlu terus berjuang dan menyadari bahwa baik di kandang maupun tandang akan selalu ada kesempatan untuk menang, atau kalah. Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk agar performa kandang berubah," ujarnya menambahkan.

Jelang menghadapi Fulham, Brighton punya modal bagus berupa tiga kemenangan dalam empat pertandingan terakhir di semua kompetisi, yang cukup menyuntik kepercayaan diri.

Tiga kemenangan itu lahir setelah Brighton sempat melewati delapan pertandingan beruntun nirmenang di Liga Inggris.

"Hal positifnya adalah Anda bisa melewati periode sulit tanpa kemenangan kendati menerima hujan kritik, keraguan dan segalanya, tetapi tim bisa tetap padu dan rasanya memang menyenangkan bisa melewati periode itu," ujar Potter.

"Tetapi Anda sadar bahwa periode sulit itu bisa saja mengancam lagi, sebab itu karakter natural liga ini. Anda hanya perlu terus berjuang, berusaha melangkah dan meraih kemenangan cukup membantu proses itu. Karena ia melahirkan keyakinan dan kepercayaan diri," pungkasnya.

Brighton saat ini berada di urutan ke-17 klasemen Liga Inggris dengan koleksi 17 poin dan punya jarak aman lima poin dari zona degradasi. (antara)