Yaya Sunarya Bicara Soal Pelatih Asing di Persib

Yaya Sunarya Bicara Soal Pelatih Asing di Persib
Istimewa



INILAH, Bandung - Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya mengungkapkan perjalanan kariernya, terutama saat bekerjasama dengan para pelatih asing. 

Pertama bergabung dengan Persib, Yaya berada dibawah pimpinan pelatih asal Polandia, Marek Andrejz Sledzianowski. Sejak saat itu, dia semakin sering bekerjasama dengan pelatih asing lainnya seperti halnya Mario Gomez, Dejan Antonic, Miljan Radovic dan Juan Antonio Paez.

Tercatat, sudah enam pelatih asing yang pernah menjadi mitranya, termasuk pelatih Persib saat ini, Robert Rene Alberts. Itu belum termasuk dua pelatih asing saat masih bertugas di tim nasional Indonesia, Alfred Riedl dan Juan Pablo.


"Banyak hal yang saya dapatkan tentunya selama bekerja sama dengan mereka, banyak ilmu juga yang bisa diambil dari setiap pelatih," ungkap Yaya dilansir laman resmi Persib. 

Namun, lanjutnya dari beberapa pelatih asing yang diikutinya, ada beberapa pelatih yang menyisakan memori luar biasa. Yakni saat bekerjasama dengan Marek dan Juan Paez.

"Karena memang situasinya saat itu tim dari nol, kemudian terseok-seok juga hingga akhirnya bisa lepas dari degradasi. Mungkin karena terasa begitu erat kebersamaan untuk bangkit," katanya. 

Kendati begitu, Yaya mengatakan setiap pelatih memiliki kesannya masing-masing, termasuk dengan Robert Rene Alberts saat ini. Menurutnya, banyak ilmu yang bisa diserap dari pelatih asal Belanda tersebut, terutama tentang manajemen tim. 

"Coach Robert punya keunggulan manajemen timnya bagus. Semuanya terencana dengan baik dan sangat detail," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)