Pastikan Vaksin Covid-19 Suci dan Halal, Wabup Bogor Siap Jadi yang Pertama Disuntik

Pastikan Vaksin Covid-19 Suci dan Halal, Wabup Bogor Siap Jadi yang Pertama Disuntik
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menerima 25.600 vaksin Covid-19 dari Pemprov Jabar. Rencananya, Kamis (28/1/2021) lusa dia siap menjadi orang pertama di Bumi Tegar Beriman yang disuntik vaksin tersebut.

"Sebelum menyatakan siap disuntik vaksin Covid-19 saya sebelumnya sudah berkonsultasi dengan tim dokter atau kesehatan hingga saya pun berdasarkan kajian mereka, menghimbau kepada masyarakat untuk siap disuntik vaksin Covid-19," ujar Iwan kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Dia menambahkan, walaupun sudah disuntik vaksin Covid-19, masyarakat wajib melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.


"Penyuntikan vaksin Covid-19 ini memang tidak menjamin 100 persen kita tidak akan terpapar wabah Covid-19 tetapi ini bagian dari upaya yang harus dilakukan. Oleh karena itu, kami tetap mengimbau agar masyarakat disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kartalina Suwardi menjelaskan kepala daerah, tokoh agama, dan tenaga kesehatan yang akan disuntik vaksin Covid-19 akan diperiksa dahulu kesehatannya.

"Mereka yang akan disuntik vaksin Covid-19 harus belum pernah terpapar wabah Covid-19, tidak dalam kondisi hamil, tidak terganggu daya imunitasnya, tidak dalam kondisi darah tinggi, tidak sedang menyusui, tidak sakit kanker, tidak dalam perawatan cuci darah dan bebas dari penyakit degeneratif," jelas Mike.

Dia melanjutkan, untuk tenaga kesehatan itu jumlah vaksin Covid-19 masih terbilang kurang karena jumlah total tenaga kesehatan ada 16.322 jiwa. (Reza Zurifwan)