Kota Bogor Terima Vaksin Covid-19 Tahap Kedua

Kota Bogor Terima Vaksin Covid-19 Tahap Kedua
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Kota Bogor kembali menerima vaksin Covid-19 dari Pemprov Jabar sebanyak 9.160 dosis, Selasa (26/1/2021).

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Erna Nuraena menerima kiriman itu untuk disimpan di gudang penyimpanan vaksin Dinkes, Jalan Kesehatan 3, Kecamatan Tanah Sareal.  

"Kami menerima vaksin tahap kedua ini dengan jumlah yang sama dengan tahap pertama. Setelah diterima, hari Kamis nanti kita mulai vaksinasi lagi," kata Erna. 


Dia mengatakan, dengan vaksin dari Bio Farma ini para penerima akan masuk jadwal vaksinasi kedua.

"Vaksinasi yang pertama itu berguna merangsang antibodi. Penyuntikan kedua ini untuk pembentukan antibodi sehingga didapat antibodi ketika terinfeksi," tambahnya.

Erna menjelaskan, penyuntikan pertama itu dilakukan kepada 1.553 orang tenaga kesehatan (Nakes). Sejauh ini, para penerima vaksin di Kota Bogor belum ada keluhan dam efek samping yang signifikan. 

Dia menyebutkan, pada penerima vaksin tahap pertama wajib mengikuti vaksinasi kedua. Bagi para penerima vaksin itu nantinya akan terbenti antibodi pada bulan kedua. 

"Kalau sudah divaksin itu mereka tetap memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan. Vaksin itu tidak mencegah, tetapi ketika tertular ketika virus masuk antibodi bekerja dan diharapkan gejalanya tidak berat. Itulah kenapa vaksin tidak menggantikan protokol kesehatan," jelasnya. (Rizki Mauludi)