Disparbud Garut Bangun Menara untuk Percantik Wisata Situ Cangkuang

Disparbud Garut Bangun Menara untuk Percantik Wisata Situ Cangkuang
Kepala Disparbud Garut Budi Gan Gan di Garut. (antara)



INILAH, Garut - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah mempersiapkan pembangunan menara di kawasan wisata Situ Cangkuang, Kecamatan Leles, untuk mempercantik wisata dan menambah spot swafoto baru yang akan menjadi daya tarik baru wisatawan.

"Targetnya tahun sekarang (selesai), lagi dibikin rancang gambarnya," kata Kepala Disparbud Garut Budi Gan Gan di Garut, Minggu.

Ia menuturkan Disparbud Garut memiliki beberapa program untuk penataan kawasan wisata milik pemerintah agar lebih menarik dan nyaman dikunjungi wisatawan.


Salah satunya program tahun anggaran 2021, kata dia, yaitu objek wisata Situ Cangkuang yang akan dibangun menara pandang setinggi empat meter. "Menara untuk swafoto saja, daya tarik untuk (wisatawan) emak-emak dan anak milenial," kata Budi.

Ia menyampaikan objek wisata danau dan budaya itu selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, untuk itu pemerintah berupaya membenahinya agar pengunjung merasa nyaman.

Tim dari Disparbud Garut, kata dia, sudah meninjau langsung lokasi yang akan dibangun menara, termasuk rencana pembangunan lainnya seperti jembatan di wisata Situ Cangkuang itu. "Kita bikin jembatan untuk tempat swafoto," katanya.

Ia menambahkan pembangunan objek wisata unggulan di Garut tidak hanya di Situ Cangkuang, melainkan destinasi wisata lainnya seperti Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi yang saat ini sedang tahap pembangunan.

Selanjutnya destinasi wisata pantai di Pantai Sayang Heulang, Kecamatan Pameungpeuk yang terus dibangun sarana dan prasarananya agar wisatawan merasa nyaman dan aman saat berwisata. "Termasuk desa wisata juga terus kami dukung untuk penataan pembangunannya," kata Budi. (antara)