DPRD Jabar Minta Pemprov Perhatikan Irigasi Sungai Citanduy

DPRD Jabar Minta Pemprov Perhatikan Irigasi Sungai Citanduy
DPRD Jabar Minta Pemprov Perhatikan Irigasi Sungai Citanduy



INILAH, Bandung – Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Tetep Abdulatip meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov), untuk memberikan perhatian khusus pada jaringan irigasi di wilayah Sungai Citanduy, Ciamis.

Dia menjelaskan, lebih dari setengah jaringan tersebut mengalami kerusakan. Padahal jalur irigasi tersebut sangat penting, khususnya bagi para petani. Terlebih dalam mendukung program kemandirian pangan daerah, yang selama ini sering disuarakan oleh pemerintah.

“Kita harus fokus tentang irigasi tuntas, dalam rangka mem-backup program kemandirian pangan yang seringkali digembar-gemborkan oleh Pemerintah Provinsi, bahwa kita ingin membangun kemandirian pangan di Jawa Barat,” ujar Tetep dalam Evaluasi Program Kerja UPTD PSDA Wilayah Sungai Citanduy, Tahun 2020 dan Rencana Kerja Tahun 2021.


Tetep berharap, ada keseriusan dari pemerintah dalam membenahi sistem perairan di Jawa Barat. Terutama di kawasan rawan bencana, mengingat kebutuhan saluran air sangat penting guna menampung debit air ketika curah hujan tinggi. Dia meyakini, dengan adanya jalur atau saluran air yang baik, dapat meminimalisir terjadinya banjir dan longsor.

“Kita harap Pemprov bisa serius memerhatikan masalah jaringan irigasi, serta masalah air di Jawa Barat. Agar tidak menyebabkan terjadinya musibah,” harapnya. (Yuliantono)