Calon Kapolri Baru, Yayasan JCUIM: Semoga Bisa Menjadi Pelindung dan Pengayom

Calon Kapolri Baru, Yayasan JCUIM: Semoga Bisa Menjadi Pelindung dan Pengayom
istimewa



INIlAH, Bandung-Setelah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menjadi Kapolri yang baru, Komjen. Pol.  Listyo Sigit Prabowo mendapatkan ucapan selamat dari berbagai kalangan. Salah satunya disampaikan Ketua Yayasan Jokowi Center Unggul Indonesia Maju (JCUIM) Toni Suhartono, 

 

Diketahui, Komjen Listyo Sigit Prabowo tidak lama lagi akan dilantik menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.


 

Toni Suhartono menilai, sebagai Kapolri Listiyo Sigit Prabowo memiliki sikap rendah hati dan mau mendengarkan pendapat. 

 

"Yang dimilikinya akan banyak bermanfaat dalam pelaksanaan tugasnya sebagai TB1 (Kapolri)," ujar Toni, Jumat (22/1/2021).

 

Sebelumnya Kabareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo, resmi diajukan sebagai calon Kapolri tunggal oleh Presiden Jokowi berdasarkan Surat Presiden (Surpres) No. R-02/Pres/01/2021 yang disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, di parlemen, Rabu.

 

Menurut Toni, terpilihnya Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo memiliki nilai plus di mata dunia. 

 

"Indonesia dengan Kebhinekaan Tunggal Ika-nya serta toleransi yang tinggi memiliki Kapolri yang justru bukan dari agama mayoritas," kata Toni yang biasa disapa Gus Toni inI.

 

Menurut dia, calon Kapolri ke depan harus profesional dan mengikuti tren kejahatan atau gangguan keamanan, serta memahami hukum serta regulasi. Kejahatan dan gangguan keamanan kian hari kian canggih dan terus dimodifikasi, termasuk kejahatan jalanan. 

 

"Kapolri harus mengikuti perkembangan ini," imbuhnya. 

 

Calon Kapolri juga harus cepat tanggap terhadap fenomena yang dapat menimbulkan disintegrasi bangsa. Terutama, kelompok-kelompok, baik kanan maupun kiri, yang ingin mengganti ideologi dan bentuk negara.

 

Kemudian yang perlu dilakukan Kapolri baru adalah memahami ancaman keamanan dalam negeri serta efek-nya hingga luar negeri, memahami lingkungan strategis teritorial seperti bahaya terorisme, radikalisme, narkoba, kejahatan jalanan atau kriminalitas.

 

“Saya yakin Komjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si bisa menjamin keamanan agenda nasional dan internasional dalam mendukung bakti negeri bapak Presiden Joko Widodo” tegas dia. 

 

Toni optimis bahwa Polri bisa menuju transformasi yang presisi dan profesional di bawah kepemimpinannya. Sebagai ketua Yayasan Jokowi Center Unggul Indonesia Maju, Toni mendukung penuh harapan Listyo Sigit yang dipaparkan dalam program kerja saat menjalani proses fit and proper tes di DPR.

 

Tony juga mendoakan Listyo sukses mengemban amanah sebagai pucuk  kepemimpinan  di Kepolisian Republik Indonesia, menyusul purnatugas Jenderal Pol. Idham Azis, yang memasuki usia pensiun, pada tanggal 25 Januari 2021 nanti. 

 

"Semoga bisa menjadi pelindung dan pengayom masyarakat," ucapnya. 

 

Pihaknya juga  menyampaikan ucapan terimakasih kepada Jenderal Pol. Idham Azis,  yang sudah menyumbangkan tenaga dan pemikiran beliau saat menjabat Kapolri dalam masa-masa yang cukup rumit.

 

"Terimakasih jendral semoga bisa menjadi insipirasi bagi negeri.  Polri harus dapat berdiri di atas semua kelompok golongan dan kepentingan agar keadilan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia justice for all," pungkasnya. (riantonurdiansyah) 

Attachments area