Soal Kans Juara Liverpool, Klopp: Itu Konyol!

Soal Kans Juara Liverpool, Klopp: Itu Konyol!
Manajer Liverpool Jurgen Klopp. (Net)



INILAH, Merseyside- Manajer Liverpool Juergen Klopp menganggap konyol jika dirinya membicarakan peluang timnya mempertahankan gelar juara di tengah rentetan hasil buruk yang tengah dialami.

Liverpool baru saja harus mengucapkan salam perpisahan dengan tren nirkalah kandang yang terhenti di angka 68 pertandingan ketika dipecundangi Burnley 0-1 dalam laga pekan ke-19 Liga Inggris di Anfield, Jumat (22/1/2021) dini hari WIB.

Hasil itu sekaligus membuat Liverpool kini sudah lima pertandingan tanpa merasakan kemenangan dan empat laga terakhir gagal mencetak satu gol pun ke gawang lawan.


Tren paceklik gol itu cukup ironis mengingat Liverpool masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Liga Inggris musim ini dengan koleksi 37 gol dalam 19 pertandingan.

"Betapa konyolnya saya duduk di sini, setelah kalah melawan Burnley, tak mencetak gol dalam tiga atau empat pertandingan terakhir dan diminta berbicara soal peluang juara," kata Klopp dalam komentar pascalaga dilansir laman resmi Liverpool.

"Yang harus kami lakukan adalah memenangi pertandingan dan untuk itu kami harus mencetak gol, sesederhana itu. Itu keadaan yang harus kami ubah dan pecahkan," ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, dengan rentetan lima laga nirmenang ini Klopp mengakui Liverpool tengah berada dalam periode yang kurang beruntung.

"Memang kami berada dalam periode yang kurang beruntung, tetapi rasanya itu menjadi alasan terlalu murahan untuk diucapkan," katanya.

"Saya pikir permasalahan kami adalah pengambilan keputusan. Itulah yang menjadi alasan kenapa kami gagal mencetak gol dalam beberapa laga terakhir," pungkas Klopp.

Sebelum melakoni lima laga dengan paceklik gol, Liverpool mencetak tujuh gol ke gawang Crystal Palace hanya dari tujuh tembakan tepat sasaran beruntun.

Lantas sejak itu, Liverpool melepaskan tak kurang dari 90 percobaan tembakan --17 di antaranya menemui sasaran-- dan hanya memperoleh satu gol yakni ke gawang West Bromwich Albion pada 27 Desember.

Dalam pertandingan melawan Burnley bahkan Liverpool melepaskan 27 percobaan tembakan sepanjang 90 menit penuh dan enam di antaranya menemui sasaran, tetapi tak satu pun mampu melesak melewati hadangan kiper Nick Pope.

Rentetan hasil buruk yang dialami Liverpool membuat mereka kini tercecer dari perburuan gelar juara dan tertahan di peringkat keempat dengan koleksi 34 poin, tertinggal enam poin dari Manchester United yang ada di puncak.

Liverpool selanjutnya akan melawat ke markas United dalam laga putaran keempat Piala FA sembari berharap masalah kemandulan mereka segera berlalu.