Betulkah CR7 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah? Ternyata....

Betulkah CR7 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah? Ternyata....



INILAH, Milan - Cristiano Ronaldo mencetak gol ke-760 sepanjang kariernya. Tapi, benarkah dia jadi pencetak gol tersubur sepanjang sejarah sepak bola?

Ronaldo mencetak gol ke-760 itu saat mengantar Juventus memenangkan Piala Super Italia. Ini menjadi trofi pertama Juventus sejak ditangani Andrea Pirlo.

Bintang asal Portugal itu tak menyia-nyiakan kesempatan. Dia melepaskan tembakan ke gawang David Ospina dari dalam kotak penalti, setelah satu jam pertandingan yang membosankan.


Dalam daftar yang dilansir BT Sport, Ronaldo kini jadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah. Dia melampaui rekor Josef Bican yang mencetak 759 gol. Di bawahnya ada Pele (757), Romario (743), dan Lionel Messi (719).

Tapi, di mana posisi Ronaldo (35) sebagai penceyak gol terbanyak, sampai kini masih membingungkan. Sejumlah statistik menyatakan peraih 5 kali pemain terbaik dunia itu kini unggul satu gol atas legenda Ceko, Josef Bican.

Namun, angka yang resmi dimiliki FIFA, Josef Bican adalah mesin gol terampuh. Legenda dekade 1940-50-an itu, menurut FIFA, telah mencetak 805 gol. Masih unggul 45 gol atas Ronaldo.

Tentu saja, perdebatan soal ini bisa diperpanjang. Legenda Brasil, Pele, dan mantan klubnya Santos, mengklaim bahwa sang pemain sudah mencetak lebih dari 1.000 gol. Hanya, muncul pertanyaan, apakah semua gol itu dicetak di pertandingan resmi atau bukan.

Betapapun perdebatan masih panjang, Rabu malam di Reggio Emilia, tak ada yang meragukan kemampuan Ronaldo. Pertandingan Juventus sebagai juara Serie A dan Napoli sebagai pemenang Piala Italia itu, normalnya tak lebih sebagai pertandingan persahabatan saja.

Tapi, Piala Super Italia 2021 menunjukkan versi yang lebih penting, terutama buat Juventus. Pasalnya, pelatih Andrea Pirlo saat ini berada dalam tekanan, terutama setelah kalah 0-2 dari rival mereka Inter Milan, Minggu lalu.