Usai Diresmikan, RS Lapangan Siap Terima Pasien

Usai Diresmikan, RS Lapangan Siap Terima Pasien
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya meresmikan Rumah Sakit Lapangan khusus penanganan pasien Covid-19 dengan gejala ringan di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal pada Senin (18/1/2021) siang. 

Dalam peresmian dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara online dan juga Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru'yat, Forkopimda Kota Bogor dan jajaran BNPB.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, dibangunnya rumah sakit lapangan ini lantaran kasus COVID-19 di Kota Bogor terus mengalami lonjakan yang signifikan.


"Ya, sehingga Eks Gedung Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor dijadikan atau dibangun menjadi RS lapangan khusus penanganan Covid-19 yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan," ungkap Bima didepan RS Lapangan.

Bima melanjutkan pada akhir tahun data menunjukkan bahwa lonjakan terus terjadi. Pihaknya memutuskan untuk segera membangun rumah sakit lapangan. Dirinya berkomunikasi dengan Ketua BNPB Doni Monardo.

"Jadi RS Lapangan ini diselesaikan dalam waktu dua minggu khusus untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan," tambah Bima.

Bima menerangkan, RS Lapangan akan menampung 70 persen warga Kota Bogor dan 30 persen warga non Kota Bogor. Sedangkan untuk tenaga kesehatannya sudah direkrut secara khusus. Selain gedung Dispora ini, pihaknya juga mencoba mengakselerasikan dengan pihak-pihak lain, untuk mencarikan sekaligus menyiapkan tempat isolasi pasien Covid-19 orang tanpa gejala. 

"Setelah ini, ada beberapa titik yang kami bidik karena kami tidak ingin main-main. Kami serius untuk menyiapkan skenario terburuk," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor dr Sri Nowo Retno menjelaskan, di RS Lapangan ini mempunyai 56 tempat tidur dan delapan ruang IGD, sehingga totalnya 64 tempat tidur. Bukan itu saja, di sini juga ada pelayanan rawat inap dan pasien pun akan menjalani pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan PCS Swab secara berulang. 

"Pelayanan pasien disini disesuaikan standar yang ada di RSUD Kota Bogor. Kemudian di sini juga ada dokter spesialis paru, spesialis penyakit dalam lengkap semuanya beserta konsultan spesialis dan juga ada rontgen radiologi," jelasnya.

Retno menekankan, usai diresmikan, RS Lapangan ini segera dioperasikan hari ini juga. 

"Ya, hari ini juga sudah mulai dioperasikan, mulai pukul 14.00 WIB pasien Covid-19 bisa ditangani di sini," pungkasnya.